Ini 3 Jenis Rumput Pakan Ternak Terbaik untuk Hewan Anda!

Pada pemberian pakan ternak, rumput tentu masih menjadi pakan utama bagi kebutuhan nutrisi hewan ternak Anda. Kandungan nutrisinya yang bermanfaat, mengenyangkan, dan ekonomis tentu menjadi pilihan para peternak. Meskipun begitu, ada banyak jenis rumput pakan ternak yang memiliki kandungan nutrisi berbeda-beda.

Semakin banyak kandungannya nutrisinya, maka akan semakin baik pula untuk hewan ternak Anda. Belakangan ini ada 3 jenis rumput yang sering kali direkomendasikan sebagai pakan hewan ternak terbaik, yaitu rumput pakchong, odot, dan raja. Untuk mengetahui lebih jelas tentang ketiga rumput tersebut, yuk simak penjelasannya!

3 Jenis Rumput Makanan Ternak Terbaik

Semua rumput memang memberikan manfaat yang baik untuk hewan ternak Anda, namun ada beberapa jeis yang lebih unggul daripada jenis lainnya. Berikut adalah jenis rumput pakan ternak terbaik, antara lain:

1. Rumput Raja

Rumput raja memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti protein kasar yang mencapai 11 persen dan serat kasar 25,48 persen. Dengan kandungan protein dan serat yang tinggi, maka rumput raja tentu menjadi pakan yang sangat baik untuk perkembangan ternak dan pencernaannya. Tak hanya itu, rumput ini jika ditanam juga akan sering panen di mana setelah pemanenan pertama, rumput raja bisa dipaneni 2 sampai 3 minggu sekali.

2. Rumput Pakchong

Rumput pakchong merupakan jenis rumput hibrid dari Thailand yang ditanam pertama kali oleh Prof. Dr. Krailas. Rumput jenis ini digadang-gadangkan sebagai jenis rumput unggul karena mengandung nutrisi yang besar. Setidaknya rumput pakcong mengandung 16,45 persen protein, lebih baik dari rumput taiwan dan rumput gajah. Dengan kandungan protein tinggi maka rumput pakchong tentu juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan ternak Anda.

3. Rumput Odot

Rumput odot terkenal karena rasanya yang enak, sehingga digemari oleh hewan ternak. Perlu Anda ketahui, ternyata bukan hanya rasanya yang enak namun kandungan nutrisinya yang tinggi, yaitu protein sebesar 11 persen. Dengan kandungan nutrisi tinggi dan rasa yang enak, tak heran jika rumput odot menjadi pakan hijauan primadona untuk hewan ternak.

Demikian 3 jenis rumput pakan ternak terbaik yang bisa Anda sajikan untuk hewan-hewan Anda. Bibit rumput tersebut bisa Anda dapatkan di petani langsung atau tempat penjualan bibit. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top