Sering Terjadi, ini 4 Masalah pada Ternak Sapi

Memiliki nilai manfaat yang tinggi, sapi memang masih menjadi primadona di dunia peternakan. Bagaimana tidak, sapi sendiri bisa dimanfaatkan dari dagingnya, kulit, tulang, susu, tenaga, bahkan kotorannya. Tak mengherankan jika sapi disebut sebagai salah satu hewan ternak yang paling menguntungkan secara ekonomis.

Apalagi, pemeliharaan sapi tergolong tidak begitu sulit. Selain itu, tidak memakan biaya tinggi dengan jenis pakan hijauan apa saja dan kandang sederhana. Meskipun pemeliharaannya tidak sulit, ternak sapi kadang mengalami berbagai kendala. Dengan begitu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang masalah pada ternak sapi yang sering muncul.

4 Permasalahan Ternak Sapi

Dalam beternak, Anda tentu akan mengalami berbagai permasalahan termasuk ternak sapi. Oleh karena itu, yuk coba simak dan kenali masalah pada ternak sapi di bawah ini:

1. Terkena Penyakit

Anda tidak bisa menangkal virus mana yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan ternak. Hal ini yang membuat kemungkinan terjangkit penyakit pada hewan ternak sangat memungkinkan. Penyakit yang sering muncul pada sapi adalah sakit cacingan hingga mastitis pada sapi.

Untuk meminimalisir tumbuhnya penyakit pada sapi, maka Anda sering-seringlah melakukan pengecekan, baik pada sapinya maupun kandangnya.

2. Langkanya Pakan Hijau

Pakan utama sapi adalah pakan hijuan yang hampir 90 persen menjadi makanan pokok. Sayangnya, kini pakan hijauan tidak lagi sebanyak dahulu.

Ketersediaannya pakan yang terbatas membuat Anda harus menyiapkan makanan pendamping hijauan. Beberapa makan pengganti yang bisa diberikan adalah buah, susu, umbi-umbian dan lain sebagainya.

3. Pencurian Ternak

Dengan nilai ekonomis yang tinggi, tak mengherankan bahwa tingkat pencurian sapi cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu berbagai pengamanan dan kenyamanan tempat hidup sapi agar menghindari terjadinya pencurian. Gunakan pengaman pintu pada kandang dan jangan meninggalkan kandang dalam keadaan terbuka.

4. Kandang yang Layak

Ketersediaan kandang yang layak juga sering kali menjadi tantangan atau masalah bagi para peternak sapi. Dalam hal ini kandang yang ideal adalah kandang yang bersih, terawat dengan suhu normal, tidak terlalu lembab, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa masalah pada ternak sapi yang paling sering terjadi. Untuk menghindari permasalahan di atas, maka Anda perlu untuk sering-sering melakukan cek kesehatan sapi, ketersediaan pangan, hingga kelayakan kandang. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top