Yuk Simak Pentingnya Dipping untuk Menghindari Mastitis

Susu sapi menjadi salah satu sumber nutrisi dan kalsium yang paling dianjurkan untuk manusia, bahkan mulai dari usia dini. Oleh karena itu, dengan pemanfaatan yang sangat tinggi maka terjaminnya kesehatan sapi dalam produksi susu juga sangat diperlukan. Salah satu permasalahan paling umum pada sapi memproduksi susu adalah mastitis.

Mastitis sendiri merupakan radang ambing dalam. Penyebab mastitis adalah infeksi mikroorganisme patogen atau bakteri penyebab mastitis pada kelenjar susu. Jika sapi terkena mastitis, maka produksi susu menurun dari segi kualitas dan kuantitasnya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak betapa pentingnya dipping puting untuk menghindari mastitis.

Pentingnya Dipping Puting untuk Menghindari Mastitis

Berikut penjelasan lengkap tentang tentang pentingnya dipping puting untuk menghindari mastitis, antara lain:

1. Mencegah Tumbuhnya Mikroorganisme Jahat

Dipping puting merupakan metode pencelupan puting sapi dengan antiseptik untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme penyebab mastitis. Dalam hal ini, lebih baik Anda menggunakan antiseptik alami yang dibuat dengan daun kelor, sirih, sambiloto, daun karsen, hingga ubi.

2. Mensterilkan Puting Sapi

Dipping sangat penting dilakukan saat setelah melakukan pemerahan susu, karena dengan kondisi basah puting bisa sangat mudah terinfeksi bakteri. Oleh karena itu, dipping menjadi hal yang paling bisa diandalkan untuk mensterilkan puting sapi.

Kondisi puting yang steril dapat meminimalisir masuknya bakteri Streptococcus agalactiae dan Staphylococcus aureus dan sebagai salah satu penyebab mastitis.

3. Mencegah Masuknya Bakteri Penyebab Mastitis

Beberapa antiseptik alami, seperti daun karsen, kelor, hingga sirih memiliki beberapa kandungan penting, yakni tanin, saponin, dan flavonoid. Ketiga kandungan tersebut merupakan antibakteri yang dapat merusak membrane sitoplasma yang bisa mematikan bakteri penyebab mastitis. Selain itu, tanin dapat mengerutkan sel dan masuk dalam bakteri untuk menghambat pertumbuhannya.

Demikian beberapa uraian mengenai pentingnya dipping puting untuk menghindari mastitis pada sapi. Selain melakukan dipping, kebersihan pemerah susu juga menjadi penting dalam meminimalisir terinfeksi mastitis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top