Ini 5 Manfaat Karpet Sapi Bagi Ternak Anda

Sebagai hewan dengan tingkat produktivitas tinggi, sapi masih menjadi hewan ternak favorit. Sebab, dengan tingkat produktivitas tinggi, sapi tentu memiliki nilai ekonomis yang tinggi pula. Selain itu, beternak sapi juga dianggap menjanjikan karena biaya pemeliharaan yang tidak terlalu besar dan sulit.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan ternak sapi, salah satunya adalah tempat tinggal sapi. Untuk kandang sapi, Anda perlu memerhatikan kebersihan, kelayakan, dan suhu kandang dengan baik. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan karpet sapi untuk alas. Untuk lebih jelasnya, yuk simak apa saja manfaat karpet sapi bagi ternak Anda!

5 Manfaat Karpet Sapi Bagi Ternak Anda

Ada beberapa manfaat karpet sapi bagi ternak Anda yang bisa diaplikasikan langsung ke kandang ternak, antara lain:

1. Meminimalisir Air Kandang

Karpet sapi biasanya memiliki tekstur lembut mirip karet, sehingga lebih mudah meresapkan air. Dengan air yang tidak menggenang, maka kesehatan kandang akan lebih baik karena tidak terlalu lembab. Sebab, kandang ternak akan lebih sehat jika berada dalam kondisi yang kering.

2. Adaptif dengan Sapi

Karena teksturnya yang lembut, karpet sapi sangat adaptif dengan kaki sapi karena teksturnya hampir mirip dengan padang rumput. Hal ini lebih baik daripada sapi berpijak langsung pada lantai beton yang akan sangat memungkinkan menimbulkan benturan pada kaki maupun badan sapi ketika tidur.

3. Tidak Licin

Saat lantai beton basah, maka akan membuat permukaannya menjadi licin dan berbahaya bagi sapi. Oleh karena itu, penempatan karpet pada kandang bisa membuat tekstur lantai lebih kesat sehingga meminimalisir sapi terpleset meskipun lantai basah.

4. Mudah Dibersihkan

Dengan permukaan yang padat, maka karpet sapi sangat mudah dibersihkan secara maksimal hingga tidak ada kotoran tersisa. Dengan pembersihan yang maksimal, maka akan meminimalisir tersisanya kotoran sapi yang bisa memicu bakteri.

5. Lebih Hangat

Selain kebersihan kandang, kondisi suhu kandang juga cukup berpengaruh pada sapi. Nah, penempatan karpet ini akan membuat suhu kandang terasa lebih hangat di malam hari.

Demikian 5 manfaat karpet sapi bagi ternak Anda yang telah dijelaskan secara rinci. Bagaimana, Anda tertarik menggunakannya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top