5 Pihak Paling Berpengaruh dalam Ketersediaan Pangan untuk Negeri

Pangan menjadi hal yang paling utama dalam kehidupan manusia, sehingga terpenuhinya pangan menjadi sebuah keharusan. Bagi sebuah bangsa, ketersediaan pangan untuk seluruh warganya harus terjamin sebagai hak dasar. Oleh karena itu, keterlibatan berbagai pihak dalam mewujudkan ketersediaan pangan untuk negeri sangat diperlukan.

pangan untuk negeri

Dalam hal ini, pihak-pihak yang sangat dibutuhkan perannya adalah pemerintah, pasar, petani, dan lain sebagainya. Setiap pihak memiliki peran penting yang berbeda-beda, yuk simak apa saja peran mereka!

Pihak-Pihak yang Berperan dalam Ketersediaan Pangan

Baik pemerintah, pasar, petani, dan masyarakat umum dapat berperan dalam mewujudkan ketersediaan pangan untuk negeri. Berikut adalah peran masing-masing pihak, antara lain:

1. Pemerintah

Pemerintah memiliki peran sentral dalam ketersediaan pangan nasional, baik dalam pengendalian pasar, pemberian subsidi pertanian, hingga dukungan terhadap petani. Berbagai peran tersebut bisa terlaksana melalui penciptaan regulasi yang hanya bisa dilakukan oleh pemerintah.

2. Petani

Petani sebagai penyedia pangan yang paling utama karena sebagai produsen tangan ke satu dalam penyedia pangan nasional. Dalam hal ini maka terlihat jelas jika peran petani menjadi pihak yang sangat penting dalam ketersediaan pangan itu sendiri. Sayangnya, minat menjadi petani di Indonesia kini menurun, sehingga sangat diperlukan adanya peningkatan minat pemuda di ranah pertanian.

3. Pasar

Pasar menjadi pihak penyalur produk pangan dengan konsumen, sehingga perannya sangat penting sebagai tangan kedua penyedia pangan. Selain itu, keterlibatan pasar dalam ketersediaan pangan juga bersangkutan dengan kesejahteraan tani itu sendiri.

4. Akademisi

Akademisi sangat berperan pada pengembangan pengetahuan dalam bidang ketahanan pangan, pengembangan teknologi pangan, dan pemanfaatan pangan. Oleh karena itu, dukungan pemerintah pada riset mengenai pertanian sangat dibutuhkan.

5. Media

Media juga menjadi pihak intermediasi yang memengaruhi persebaran informasi mengenai pangan nasional ke seluruh pelosok negeri.

Demikianlah beberapa pihak yang berpengaruh dalam ketersediaan pangan untuk negeri. Selain berbagai pihak di atas, masyarakat umum juga memiliki pengaruh sebagai konsumen, penyalur, hingga pendukung dalam pemerataan pangan nasional. Ketika berbagai pihak bekerja sama, maka pemerataan dan ketersediaan pangan untuk negeri bisa tercapai. Peran mana yang sesuai dengan Anda?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top