4 Inovasi Pertanian Yang Bermanfaat Bagi Para Petani

Sektor pertanian sebagai salah satu penyumbang terbesar dalam bidang pertanian harus terus diperhatikan dengan baik. Salah satu usahanya adalah dengan melakukan inovasi pertanian yang bertujuan memperbaiki kualitas, menghemat waktu dan juga tenaga dalam hal pertanian. Di jaman modern saat ini tentu akan lebih mudah lagi melakukannya dengan berbagai kemajuan teknologi dan temuan yang dihasilkan. Lewat pengaplikasian cara ini diharapkan hasil pertanian akan semakin baik dan maju.

inovasi pertanian

4 Jenis Inovasi Pertanian

Ada banyak jenis inovasi pertanian yang dapat dilakukan oleh masyarakat agar nantinya dunia pertanian semakin berkembang dengan baik. Beberapa inovasi yang sudah terwujud antara lain adalah sebagai berikut ini :

1. Sistem irigasi otomatis untuk lahan kelapa sawit

Mengatur irigasi di lahan kelapa sawit yang sangat luas bukanlah hal yang mudah. Namun dengan penemuan sistem irigasi otomatis menggunakan alat AiRi semuanya dapat dilakukan dengan mudah. Inovasi ini merupakan penggabungan antara teknologi hardware dan software dan dilakukan secara realtime.

Peralatan ini disusun dengan baik sehingga mampu menganalisis iklim, kebutuhan nutrisi, kelembaban tanah di wilayah perkebunan kelapa sawit. Perangkat ini bekerja dengan basis nirkabel dan akan otomatis bekerja saat lahan dan tanaman membutuhkan air. Sebagai pasokan energinya alat ini menggunakan panel surya sehingga lebih hemat biaya. Yang pasti alat ini membuat para petani sawit lebih hemat tenaga.

2. Drone sawah

Untuk menunjang bidang pertanian, salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan drone. Perangkat modern ini dapat digunakan sebagai alat penyemprot pestisida yang lebih hemat tenaga. Jadi, para etani tidak perlu berjalan mengelilingi area persawahan untuk menjangkau tanaman sehingga lebih efisien dan cepat. Penyemprotan pestisida menggunakan drone hanya memakan waktu 30 menit untuk 1 hektar sawah. Sedangkan bila dengan cara manual, 1 hektar memakan waktu sekitar 3 jam.

3. Aplikasi untuk memantau tanaman

Aplikasi pemantau tanaman ini diberi nama Habibi karena dikembangkan oleh perusahaan Habibie Garden. Pengaplikasian peralatan ini dapat membantu para petani dalam mengurangi rusaknya tanaman dan dapat membuat hasil panen meningkat. Selain itu peralatan ini juga dapat memantau dan mengukur kebutuhan nutrisi, kelembaban tanaman melalui data yang diperoleh lewat cahaya, temperature, kadar air dan lain sebagainya.

4. Menanam anggrek dengan kultur jaringan

Inovasi pertanian juga muncul untuk memberikan angin segar bagi budidaya tanaman hias yaitu anggrek. Inovasi ini berupa penggunaan kultur jaringan untuk membantu usaha konservasi tanaman anggrek. Hal ini tentu saja dapat membuat bisnis budidaya anggrek semakin maju dan berkembang dengan baik.

Ternyata ada banyak hal yang bisa dilakukan sebagai usaha inovasi pertanian agar dunia pertanian semakin maju dengan bantuan teknologi. Semoga dengan semakin banyaknya inovasi yang dihasilkan, dunia pertanian akan semakin maju dan berkualitas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top