Wajib Tahu! Inilah 4 Tanaman Hias yang Membutuhkan Perawatan Khusus

Tidak semua tanaman hias yang ada di sekitar kita mudah dan sederhana cara perawatannya. Ada pula beberapa jenis tanaman hias yang membutuhkan perawatan khusus. Tanaman-tanaman ini memang tidak dipungkiri keindahan dan keunikannya.

Karena keunikannya itulah, tanaman hias ini terkesan agak rewel dan membutuhkan perhatian khusus. Bagi Anda yang ingin mencoba merawat tanaman di dalam rumah, setidaknya ketahui beberapa jenis tanaman yang membutuhkan perawatan khusus berikut ini.

Jenis Tanaman Hias yang Membutuhkan Perawatan Khusus

Habitat asli sebuah tanaman sejatinya adalah di luar ruangan. Oleh sebab itu, jika Anda ingin menanamnya di dalam ruangan pasti akan membutuhkan perlakuan khusus. Hal ini bertujuan supaya mereka bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang ada.

Jika pola perawatan salah, sudah barang tentu tanaman-tanaman ini tidak akan tumbuh subur dan bisa jadi akan kering lalu mati. Sehingga, sangat disarankan bagi Anda yang ingin menanam tanaman hias di dalam rumah untuk memperhatikan beberapa tanaman ini.

Berikut ini adalah tanaman hias yang membutuhkan perawatan khusus ketika ditanam di dalam ruangan, yaitu :

1. Paku Tanduk Rusa

kadaka menjangan atau tanduk rusa

Tanaman paku tanduk rusa adalah jenis tanaman tropis yang sebenarnya sangat mudah sekali pertumbuhannya. Tanaman ini memiliki bentuk yang sangat eksotis dan cocok sekali untuk dijadikan hiasan di dalam rumah.

Sayangnya, tanaman paku tanduk rusa membutuhkan perawatan yang sedikit intensif. Tanaman ini membutuhkan penyiraman yang agak banyak. Sedangkan, paku tanduk rusa tidak ditanam secara vertikal, melainkan secara horizontal.

Tanaman ini ditancapkan ke media tanam kemudian diletakkan di dinding rumah. Jika Anda menyiramnya secara langsung, air akan mengucur ke lantai dan mengotori rumah Anda. Oleh sebab itu, perawatan tanaman ini akan jadi sedikit lebih unik.

Seminggu sekali, Anda harus mencabut tanaman ini dari media tanamnya kemudian merendamnya dalam air. Setelah beberapa saat dan dibiarkan kering, tanaman ini bisa ditancapkan kembali ke media tanamnya.

2. Anggrek

Jenis tanaman hias yang membutuhkan perawatan khusus selanjutnya adalah tanaman anggrek. Hampir semua orang mengetahui bahwa merawat tanaman hias paling cantik ini memang harus ekstra hati-hati.

Pasalnya, tanaman anggrek memiliki daya tahan dan adaptasi yang sangat rendah. Mereka bahkan tidak mudah tumbuh jika ekosistemnya tidak menunjang. Tanaman ini sangat menyukai cahaya sehingga jika kekurangan, mereka tak mampu bertahan lama.
Bagi Anda yang ingin mencoba merawat anggrek di rumah, disarankan untuk selalu memperhatikan kondisinya. Pastikan mereka ditempatkan di media tanam yang tepat, mendapatkan penyinaran yang cukup dan tidak terlalu sering disiram.

3. Tillandsia

Tanaman hias yang membutuhkan perawatan khusus yang terakhir adalah tillandsia. Tanaman ini bukan jenis tanaman yang tumbuh di tanah. Media tanam ideal mereka adalah pasir atau bebatuan.

Tanaman ini meskipun nampaknya seperti tanaman air namun mereka sebenarnya adalah tanaman udara. Mereka tidak membutuhkan banyak air, suka kondisi yang agak kering namun tidak tahan sinar matahari secara langsung.

Atmosfer yang paling nyaman untuk pertumbuhannya agar maksimal adalah suhu sejuk di siang hari. Anda bisa menyalakan pendingin untuk membuat tanaman ini lebih nyaman.

4. Suplir

Suplir juga bisa dikatakan sebagai tanaman hias yang agak rewel. Pasalnya, tanaman ini tidak tahan terhadap paparan sinar matahari secara langsung. Namun, mereka tetap membutuhkan penyinaran yang cukup.

Ruangan yang terlalu kering bisa membuat dedaunan suplir layu namun tidak sampai menimbulkan kerontokan. Baiknya, tanaman ini diletakkan di dekat jendela yang tertutup konden tipis.

Itulah empat tanaman hias yang membutuhkan perawatan khusus jika ditanam di dalam rumah. Tanaman-tanaman ini memang agak sedikit merepotkan. Namun saat melihatnya tumbuh subur, segala kerepotan dan kelelahan akan sirna dengan sendirinya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top