fbpx

9 Tanaman Hias yang Bisa Ditanam di Air dan Sangat Mudah Perawatannya

Kadangkala, tidak sedikit pegiat tanaman hias yang melakukan berbagai macam inovasi seperti mengganti media tanam dari tanah menjadi air. Bagi orang yang masih awam, mungkin sedikit sulit membedakan tanaman hias yang bisa ditanam di air dan yang tidak. Pada dasarnya, tidak semua tanaman bisa diubah media tanamnya.

Hanya beberapa jenis tanaman tertentu yang bisa hidup di media tanam berbeda-beda. Bagi Anda yang ingin mencoba, jangan khawatir gagal. Pilihlah tanaman-tanaman yang bisa hidup dengan baik di media tanam air seperti yang akan dijabarkan di bawah ini.

Ragam Tanaman Hias yang Bisa Ditanam di Air tanpa Ribet

Salah satu ciri tanaman hias yang bisa ditanam di air adalah memiliki batang yang tangguh dan mudah tumbuh. Mereka tidak selalu membutuhkan media tanah untuk berkembang. Mereka juga tidak terlalu membutuhkan perawatan yang ekstra atau intensif.

Jika Anda ingin meletakkan tanaman hijau di dalam rumah dengan media air, berikut adalah beberapa ragam tanaman yang bisa dipergunakan. Diantaranya adalah:

1. Lemon Balm

Jika ditelisik lebih jauh, tanaman ini masih berkerabat dekat dengan tanaman mint. Bentuk daun dan batangnya sangat mirip, namun lemon balm lebih baik jika ditanam di dalam rumah dengan media air. Daun tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk teh herbal.

2. Basil

Basil selain dijadikan bumbu dapur andalan, tanaman ini juga banyak dibudidayakan. Selain memperindah penampilan dapur Anda, kehadiran tanaman basil dalam air akan menambah kesegaran di dalamnya. Basil dapat hidup dan berkembang dengan baik meski hanya dengan segelas air.

3. Jade

Jade atau yang juga dikenal dengan istilah pohon sukulen memang lebih baik jika ditanam dengan media tanah. Namun jika Anda ingin menggantinya dengan air, tanaman ini tetap dapat tumbuh dengan baik. Penampilannya terkesan lebih mewah dan menarik jika ditanam di air.

4. Paperwhite

Tumbuhan umbi yang asalnya dari Mediteranian ini juga menjadi tanaman hias yang bisa ditanam di air. Paperwhite memiliki umbi yang besar seperti talas di bagian pangkalnya. Bunga paperwhite sangat cantik dengan kelopak berwarna putih dan kuning.

5. Zebrakraut

Tanaman yang satu ini dikenal juga dengan nama wandering jew. Memiliki bentuk daun yang cukup unik dan menarik, tanaman ini tumbuh dengan cara menjalar. Itulah mengapa Zebrakraut cocok untuk dijadikan tanaman gantung dengan media air.

6. Thyme

Thyme juga merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan baik meski hanya menggunakan media air. Cukup dengan meletakkan batang thyme yang sudah bertunas dalam sebotol air. Tanaman ini akan semakin tumbuh subur jika Anda memberikan pupuk tanaman cair.

7. Tanaman Aluminium

Daun dari tanaman Aluminium ini terlihat sangat menarik. Gurat keperakan `di permukaan daun nampak seperti semburat warna alumunium. Tanaman ini sangat cocok dengan media tanam air dan berkembang baik di sana.

8. Horenso

Anda mungkin akan menyangka bahwa ini adalah tanaman bayam karena bentuknya yang hampir serupa. Horenso ternyata adalah tanaman yang sangat mudah dibudidayakan menggunakan air. Mereka juga memiliki kandungan gizi yang tak kalah lengkap dibandingkan sawi dan bayam.

9. Singonium

Tanaman yang lebih dikenal dengan nama arrowhead ini mempunyai bentuk daun yang menarik. Bentuknya mirip ujung anak panah. Tanaman ini tumbuh dengan baik di media air seperti rawa dan kolam. Jadi, sangat cocok sekali bagi Anda yang ingin membawanya ke dalam rumah.

Itulah 9 tanaman hias yang bisa ditanam di air yang kami rekomendasikan. Kesembilan tanaman ini sangat mungkin sekali untuk diletakkan di dalam botol saja tanpa menggunakan tanah. Selain mudah perawatannya, tanaman-tanaman ini juga memiliki penampilan yang menarik saat ditanam dalam air.

Leave a Reply

0
Scroll to Top