6 Tanaman Hias Daun Lebar yang Paling Tepat untuk Memperindah Rumah

Tahukah Anda bahwa meletakkan tanaman hias daun lebar di sekitar rumah akan membuat suasana jadi lebih sejuk dan asri? Tanaman ini tidak hanya akan menjadi hiasan saja, namun juga akan menyerap udara dan polutan kotor di sekitar rumah.

Udara akan menjadi bersih dan segar. Selain itu, tanaman dengan daun lebar juga mudah dirawat dan tidak membutuhkan banyak perlakuan ekstra. Tanaman ini sangat tepat untuk dijadikan penghias rumah Anda.

Jenis Tanaman Hias Daun Lebar

Bagi Anda yang ingin memelihara tanaman hias daun lebar, berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang direkomendasikan. Diantaranya adalah :

1. Kuping Gajah

tanaman-kuping-gajah-star-farm

Tanaman hias yang satu ini sudah cukup dikenal di tengah-tengah para penikmat tanaman hias. Bahkan, hampir di setiap rumah masyarakat Indonesia sudah tumbuh tanaman hias kuping gajah.

Kuping gajah mempunyai daun yang lebar seperti halnya telinga seekor gajah. Sekilas bentuk keduanya cukup mirip satu sama lain. Itulah mengapa tanaman ini disebut dengan kuping gajah.

Keunikan tanaman ini terletak di bagian daunnya. Daun kuping gajah berwarna hijau gelap dengan tulang daun berwarna putih. Tulangnya berbentuk jari yang merata di seluruh permukaan daun.

2. Monstera

Tanaman hias daun lebar yang selanjutnya adalah jenis monstera. Monstera cukup populer belakangan ini karena semakin banyak orang yang tertarik pada bentuk daunnya.

Daun tanaman monstera sangat unik dan menarik karena memiliki ciri tertentu yaitu berlubang. Tanaman ini banyak dipelihara di dalam rumah untuk menambah keasrian dan kesejukan udara.

3. Daun Ketapang

Ketapang merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dipergunakan sebagai hiasan di dalam rumah. Tanaman ini sejatinya adalah tanaman tropis yang bisa tumbuh baik justru di tempat yang teduh.

Ketapang akan lebih bagus jika diletakkan di depan jendela sebagai penghalang sinar berlebih yang masuk ke dalam rumah. Daunnya yang lebat, tebal dan lebar menjadikan ketapang nampak sangat rimbun.

4. Sri Rejeki

Sri-Rejeki-star-farm

Sri Rejeki atau Aglonema merupakan salah satu tanaman yang menonjolkan daunnya. Daun tanaman ini sangat beraneka ragam bentuk dan warna daunnya. Ada yang berwarna hijau, hijau kekuningan hingga bersemburat merah atau pink.

Ukuran daun tanaman Sri rejeki pun cukup besar dibandingkan dengan jenis tanaman hias lain. Ukurannya ada yang mencapai 20 sampai 30 cm tergantung dari jenisnya. Tanaman ini harus diletakkan di tempat teduh supaya tidak layu seperti di dalam rumah.

5. Karet Rebo

Tanaman hias daun lebar selanjutnya adalah tanaman karet rebo. Tanaman ini mempunya bentuk daun yang lebar dan tebal. Warnanya hijau gelap dan nampak licin. Karet rebo sangat tepat untuk diletakkan di ruangan minim perabot. Perawatannya pun mudah, cukup dengan siram air dan sedikit pupuk organik saja.

6. Daun Pisang Calathea

Jangan berpikir Anda harus menanam sebuah pohon pisang di dalam rumah ya? Pohon pisang ditanam di pekarangan saja, sedangkan di kebun atau halaman bisa ditanami tanaman hias daun pisang Calathea.

Tanaman hias ini tak ubahnya seperti tanaman buah pisang. Hanya saja, batang Calathea tidak sebesar pohon pisang. Salah satu kesamaannya terletak pada bentuk daunnya. Daun tanaman hias ini juga berbentuk panjang dan lebar seperti daun pisang pada umumnya.

Itulah 6 tanaman hias daun lebar yang bisa Anda pilih untuk diletakkan di sekitar rumah. Tanaman-tanaman tersebut sangat mudah dipelihara meski dengan perawatan terbatas. Jadikan rumah Anda sejuk dan asri dengan keunikan dan warna hijau daun dari tanaman-tanaman tersebut.

Leave a Reply

0
Scroll to Top