Cara Menanam Tanaman Hias yang Mudah Bagi Pemula

Bagi Anda yang belum mengetahui cara menanam tanaman hias, berkebun mungkin jadi suatu hal yang terlihat sulit. Banyak orang merasa enggan karena khawatir kerepotan dan tidak bisa merawat tanaman dengan baik. Namun, tanaman hias adalah salah satu ornamen yang akan menghadirkan suasana asri dan sejuk di sekitar rumah.

Setiap orang pasti menginginkan rumahnya nampak indah dan alami. Kesulitan dalam bertanam tanaman hias akan terbayar lunas saat melihat indah dan rimbunnya kebun atau halaman.

Cara Menanam Tanaman Hias Agar Subur

Bagi Anda yang ingin berkebun namun belum memahami bagaimana cara menanam tanaman hias yang benar, jangan berkecil hati. Berikut ini akan kami rangkumkan beberapa langkah yang bisa Anda pelajari dari awal. Diantaranya adalah :

1. Memilih Jenis Bunga atau Tanaman

Untuk tahap awal, langkah pertama yang harus Anda ambil adalah memilih jenis bunga yang tepat. Setiap tanaman hias memiliki ciri dan karakternya tersendiri. Ada yang butuh perawatan ekstra, namun ada juga yang sangat mudah dipelihara.

Carilah tanaman-tanaman yang perawatannya mudah serta tidak membutuhkan banyak perlakuan. Berikut ini adalah beberapa tanaman yang bisa Anda pilih yaitu :

  • Bunga Matahari
  • Bougenvil
  • Aglonema
  • Bunga lily
  • Spider plant, dan lain sebagainya.

2. Mempersiapkan Media Tanam

Sebelum melakukan penanaman di halaman, ada baiknya jika Anda mempersiapkan terlebih dahulu media tanam yang akan dipergunakan. Bila ingin menanam di tanah secara langsung, usahakan untuk membuat tanahnya gembur dengan memberikan pupuk.

Jika Anda ingin menggunakan pot, persiapkan media tanam seperti tanah, pasir, sekam, batu kerikil, serta pupuk kandang. Batu kerikil tidak dicampurkan dengan tanah, melainkan untuk diletakkan di dasar pot. Fungsinya adalah untuk memberikan sirkulasi pada media tanam.

Setelah batu kerikil, kemudian masukkan campuran tanah dengan pasir, sekam dan pupuk kandang. Siram media tanah dengan air secukupnya lalu diamkan beberapa saat. Media tanam ini sudah cukup subur untuk ditanami tanaman hias.

Ada yang perlu diperhatikan dalam proses dan cara menanam tanaman hias terutama untuk pemilihan wadah atau pot tanam. Sesuaikan pot dengan jenis dan ukuran tanaman. Apakah tanaman tersebut merupakan tanaman yang bisa tumbuh membesar atau tanaman yang berukuran kecil.

Untuk tanaman yang bisa tumbuh membesar, gunakan pot berukuran besar supaya akar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Jumlah tanah yang dimasukkan pun sebaiknya tidak terlalu penuh agar tersedia ruang untuk bernafas.

3. Tata Cara Penanaman

Untuk tanaman yang Anda dapatkan dari bibit, ikuti petunjuk atau tata cara menanam tanaman hias yang tertera pada kemasan. Biasanya Anda harus menyemaikan benih terlebih dahulu sebelum memindahkannya pada media tanam.

Perhatikan beberapa hal berikut ini saat menyemaikan bibit yaitu :

  • Jangan terlalu rapat menabur bibit
  • Sesuaikan kebutuhan air. Jangan terlalu becek atau terlalu kering
  • Pastikan kebutuhan sinar matahari tercukupi, namun tidak sampai membuat bibit menjadi kering.

4. Pindahkan ke Media Tanam atau Pot

Setelah bibit tumbuh menjadi tanaman dan mencapai tinggi tertentu, Anda bisa mulai memindahkannya ke media tanam. Anda bisa menanamnya di tanah secara langsung atau menggunakan pot.

Tepat setelah pemindahan tanaman, segera siram tanaman dengan air secukupnya. Jika diperlukan, tambahkan beberapa pupuk tanaman sesuai takarannya. Pupuk ini berfungsi untuk meningkatkan kesuburan tanaman.

Cara menanam tanaman hias di atas cukup mudah bukan? Segera praktekkan sekarang juga dan jadikan halaman rumah Anda hijau dan asri. Tanaman hias akan mengubah suasana rumah jadi lebih menyenangkan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top