Tanaman Hias Tahan Panas untuk Memperindah Taman dan Halaman Rumah

Halaman rumah akan terasa asri dan hidup jika ditumbuhi beberapa jenis tanaman hias. Namun tidak semua tanaman hias tahan panas di bawah terik matahari secara langsung. Beberapa tanaman hias akan menjadi layu dan lunglai jika terlalu lama disinari cahaya matahari. Hal ini akan membuat taman atau halaman rumah Anda tidak lagi indah dan menarik. Oleh sebab itu, Anda harus selektif dalam memilih jenis tanaman hias.

7 Tanaman Hias Tahan Panas yang Cocok di Lingkungan Tropis

Indonesia merupakan salah satu negara yang terletak di daerah tropis. Di negara kita, sinar matahari sangat melimpah dan terkadang bahkan berlebih. Saat musim kemarau tiba, matahari bisa bersinar terlalu terik hingga membuat lingkungan sekitar menjadi kering.

Halaman rumah yang tidak ditumbuhi tanaman akan nampak kering dan gersang ketika musim kemarau. Hal ini akan membuat suasana rumah jadi kurang nyaman. Oleh sebab itu, sangat tepat jika halaman tersebut ditanami beberapa tanaman hias tahan panas.
Berikut ini adalah beberapa tanaman hias yang cukup tahan terhadap sinar matahari yang terik, yaitu :

1. Jengger Ayam

Tanaman yang satu ini memiliki ketahanan yang luar biasa. Bunga tanaman ini memiliki bentuk yang mirip dengan cengger seekor ayam. Warnanya merah keunguan. Meskipun diterpa panas matahari menyengat, tanaman ini tetap segar dan mekar sempurna.

2. Bougenvil

Salah satu penyebab bunga hias ini cukup tahan panas adalah tekstur kelopak bunganya yang tipis menyerupai kertas. Hal ini membuat penguapan sedikit berkurang. Bunga bougenvil tidak akan nampak layu meskipun kondisi sinar matahari sedang panas-panasnya.

3. Bayam Merah

Anda mungkin akan heran mengapa bayam merah bisa dikategorikan tanaman hias tahan panas. Sejatinya, tanaman ini bisa tumbuh subur di halaman dengan banyak sinar matahari. Mereka nampak menarik saat tumbuh bergerombol.

Selain membuat pemandangan halaman jadi asri, tanaman ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai bahan makanan. Sama seperti bayam biasa, bayam merah mengandung banyak vitamin dan nutrisi.

4. Kaktus

Karena habitat aslinya adalah daerah gurun yang panas, maka tanaman hias ini sangat cocok untuk diletakkan di halaman. Kaktus merupakan pilihan tanaman hias paling populer untuk mengisi halaman. Bentuknya menarik, perawatan mudah dan membuat halaman jadi semakin indah.

5. Kamboja

Bunga yang satu ini seringkali diidentikkan dengan aura mistis atau magic. Hal ini dikarenakan bunga kamboja banyak ditemui di daerah pemakaman. Namun kini, banyak orang yang memelihara bunga kamboja di taman rumahnya.

Kamboja merupakan tanaman hias tahan panas yang kuat dan berbunga indah. Bunga tanaman ini sangat menarik dan mempesona untuk mempercantik halaman rumah. Tanaman ini sangat tahan terhadap sinar matahari yang panas dan panjang.

6. Bunga Sepatu

Salah satu jenis tanaman hias yang kuat dan tidak mudah layu meskipun matahari bersinar terik adalah bunga sepatu. Tanaman dengan bunga besar berwarna-warni ini justru akan semakin nampak segar dengan siraman cahaya matahari.

Daunnya hijau pekat dengan bunga berukuran besar yang menawan. Warna bunganya sangat menarik hati. Tanaman hias ini sangat cocok untuk meningkatkan keasrian halaman rumah Anda.

7. Tapak Dara

Tanaman yang satu ini asalnya dari Madagaskar, namun telah tersebar luas ke seluruh dunia hingga ke nusantara. Bunga tapak dara memiliki bentuk bunga yang menarik dengan warna khas yang mempesona. Tanaman ini tahan terhadap panas dan tidak nampak layu sama sekali meskipun cahaya matahari sangat terik.

Itulah beberapa tanaman hias tahan panas yang bisa Anda tanam di halaman rumah Anda. Jangan biarkan halaman rumah dalam kondisi kosong dan kering. Hal ini akan merusak keindahan rumah Anda. Pastikan Anda menanam salah satu atau beberapa jenis tanaman hias diatas. Keasrian dan kesejukan halaman akan meningkatkan kenyamanan tinggal di rumah.

Leave a Reply

0
Scroll to Top