7 Tanaman Hias Indoor yang Paling Sederhana Perawatannya

Memiliki tanaman hias indoor sering kali diidentikkan dengan perawatan rumit dan membutuhkan perhatian khusus. Hal ini tidak sepenuhnya salah karena setiap tanaman memang butuh dirawat supaya tumbuh dengan baik.

Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu tapi ingin memiliki tanaman hias, ada banyak jenis tanaman hias yang bisa dipelihara. Tanaman hias ini cukup mudah dirawat dan tidak membutuhkan perlakuan khusus. Anda yang pemula pun bisa merawatnya tanpa rasa khawatir.

Tanaman Hias Indoor yang Cocok untuk Pemula

Pemula atau mereka yang tidak mempunyai banyak waktu merawat tanaman seringkali merasa khawatir untuk membeli tanaman hias tertentu. Mereka khawatir tidak bisa merawat dengan baik dan menyebabkan tanaman hias menjadi layu kemudian mati.

Karena itulah, bagi Anda yang pemula, berikut ini ada beberapa rekomendasi tanaman hias indoor yang bisa dirawat dengan mudah. Tanaman ini sangat kuat dan bisa bertahan lama meski dengan pola perawatan minim. Diantaranya adalah:

1. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini disebut juga sebagai tanaman abadi oleh masyarakat Mesir. Pasalnya, tanaman ini tidak mudah kering atau mati. Mereka dapat bertahan hidup dengan baik meskipun dalam kondisi kekurangan air.

Karena itu, tanaman lidah buaya adalah jenis tanaman hias yang ideal bagi Anda yang cukup sibuk. Anda tidak harus menyiramnya setiap hari atau memberikan pupuk dalam jangka waktu tertentu.

2. Palem Kuning

Siapa sangka tanaman indoor yang satu ini bisa bertahan lama di dalam ruangan tanpa perawatan memadai. Palem kuning merupakan tanaman yang membutuhkan temperatur hangat tanpa sinar matahari langsung. Anda pun hanya perlu menyiramnya sesekali saja ketika media tanam nampak kering. Sangat mudah bukan?

3. Pakis Boston

Tanaman yang banyak ditemui di tepi sungai ini rupanya merupakan tanaman hias indoor yang cukup bermanfaat. Tampilannya menarik dan eksotis serta mampu menjadi alat penyerap polusi dalam ruangan. Pakis boston sangat mudah dirawat karena tidak butuh banyak air dan cukup dengan cahaya tidak langsung.

4. Sri Rejeki

Tanaman hias yang satu ini lebih dikenal dengan nama Aglaonema. Tanaman ini sangat cocok sekali dirawat oleh pemula atau mereka yang sibuk. Cukup letakkan Aglonema di dekat jendela dan siram sesekali. Mereka justru akan mempertahankan kesegaran daunnya jika tidak terkena sinar matahari secara langsung.

5. Dracaena

Tanaman hias indoor yang satu ini memang dipergunakan untuk meningkatkan keasrian dan kesejukan dalam ruangan. Pohonnya tinggi dengan daun hijau memanjang menjadikan suasana di sekitar pohon ini terasa segar.

Dracaena memiliki sekitar 40 spesies yang beraneka ragam. Semua jenisnya cukup mudah dirawat dan tidak membutuhkan perlakuan khusus. Cukup dengan disiram dan dipupuk seperlunya. Tanaman ini akan tetap segar dan hijau.

6. Peace Lily

Hanya bisa meluangkan waktu seminggu sekali untuk merawat tanaman hias? Anda cocok dengan memelihara tanaman peace lily. Tanaman dengan daun berwarna hijau pekat dan bung putih ini cukup disiram sekali dalam seminggu saat tanahnya terlihat kering. Selebihnya, cukup letakkan peace lily di ruangan bercahaya rendah.

7. Spider Plant

Spider plant juga merupakan salah satu tanaman hias yang bisa Anda letakkan di dalam ruangan. Tanaman ini memiliki daun panjang dengan ujung lancip seperti pedang. Perawatannya sangat mudah karena itulah tanaman ini cocok untuk pemula.

Ketujuh tanaman hias indoor di atas adalah pilihan yang paling tepat untuk Anda yang belum ahli dalam merawat tanaman atau masih pemula. Jika hanya bisa menyiram dan memupuk saja, maka tanaman-tanaman di atas bisa jadi inspirasi Anda.

Meskipun demikian, tanaman hias ini tidak kalah indah dan cantik dibandingkan tanaman hias lainnya. Mereka juga bisa mengubah ruangan Anda menjadi lebih asri, sejuk, dan alami. Selamat mencoba.

Leave a Reply

0
Scroll to Top