Pupuk untuk Tanaman Hias yang Bagus dan Rekomended

Banyak sekali jenis pupuk untuk tanaman yang ada di sekitar kita. Namun tidak semua pupuk tersebut cocok dan bagus sebagai pupuk untuk tanaman hias. Supaya Anda tidak bingung dan berakhir salah pilih, cek dan teliti terlebih dahulu sebelum membeli. Tanaman hias membutuhkan kandungan dan nutrisi tertentu untuk membuatnya tumbuh lebih indah dan cantik. Karenanya, pastikan Anda pilih pupuk yang tepat.

7 Pilihan Pupuk untuk Tanaman Hias yang Tepat

Garis besarnya, ada dua macam pupuk tanaman yang beredar di pasaran yaitu pupuk cair dan pupuk padat. Kedua pupuk ini tidak hanya berbeda dalam bentuknya, namun juga pada kandungan nutrisinya. Begitu pula dengan tata cara pemakaiannya, keduanya diaplikasikan dengan cara yang berbeda.

Berikut ini merupakan jenis pupuk untuk tanaman hias yang paling baik dan banyak dipergunakan oleh petani tanaman hias, yaitu :

1. NPK 10-55-10

Pupuk NPK mengandung unsur fosfat yang tinggi untuk membantu pertumbuhan tanaman hias. Biasanya, pupuk ini diaplikasikan pada awal-awal masa penanaman karena tingginya kebutuhan fosfat.

Pupuk NPK dipergunakan dengan cara dicampur dengan beberapa cc air. Kemudian, campuran tersebut disemprotkan pada media tanah atau disiramkan sedikit demi sedikit.

2. Pupuk Kandang

Jenis pupuk untuk tanaman hias yang paling diperlukan adalah pupuk kandang. Ternak yang direkomendasikan diambil kotorannya adalah kambing. Hal ini dikarenakan unsur hara dalam kotoran kambing lebih bagus dan bervariasi.

Kotoran kambing mengandung unsur kalium dalam jumlah yang cukup tinggi. Pupuk ini diaplikasikan saat Anda mempersiapkan media tanam. Campurkan pupuk kandang kambing dengan sejumlah tanah dan pasir sebagai media tanam tanaman hias.

3. Pupuk PLP

Pupuk PLP berbentuk cair yang bisa langsung diaplikasikan ke media tanam. Anda bisa menyemprotkannya pada tanaman hias dengan mudah. Pupuk PLP berfungsi untuk memenuhi nutrisi tanaman serta membuat tampilan daun jadi lebih mengkilat.

4. Pupuk NPK Mutiara 16-16-16

Pupuk untuk tanaman hias yang satu ini mengandung beberapa nutrisi sekaligus di dalamnya. Diantaranya adalah nitrogen, fosfat, kalium, magnesium dan kalsium. Seperti namanya, pupuk ini sangat berharga karena bisa memberikan banyak manfaat.

Manfaat pertama adalah meningkatkan warna hijau daun supaya proses fotosintesis jadi lebih maksimal. Fungsi kedua adalah untuk memperkuat akar sehingga bisa menyerap mineral lebih baik. Fungsi terakhir adalah menambah jumlah akar agar tanaman jadi lebih kokoh.

5. Pupuk Cair Bio Organik

Pupuk cair ini mengandung banyak unsur dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman hias. Kandungannya adalah asam fulvat, asam humat, mikroba biofertilizer dan beberapa hormon tanaman.

Fungsi dari mikroba biofertilizer adalah untuk meningkatkan kemampuan tanaman dalam menyerap unsur hara dari media tanamnya. Tanpa kemampuan menyerap yang baik, sebanyak apapun pupuk yang Anda berikan tidak akan memberikan banyak pengaruh terhadap perkembangan tanaman.

6. Pupuk Neoboost Flower

Seperti namanya, pupuk yang satu ini dipakai untuk meningkatkan kualitas dan jumlah unsur hara dalam tanah. Pupuk ini mengandung banyak bahan alami yang membantu tanaman bertahan dari berbagai macam jenis penyakit dan seranga hama.

7. Pupuk Hyponex 20-20-20

Pupuk yang satu ini berbentuk bubuk halus yang mudah larut dalam air. Anda bisa memakainya dengan cara disiram secara langsung pada tanaman ataupun disemprotkan. Hyponex mengandung unsur mikro, kandungan NPK dan vitamin seimbang.

Pemberian pupuk untuk tanaman hias sangat penting bagi perkembangan tanaman itu sendiri. Terkadang, nutrisi dalam media tanam tidak mampu memenuhi kebutuhan tanaman. Oleh sebab itu, diperlukan campur tangan manusia dalam penyediaan nutrisi untuk pertumbuhannya. Diharapkan, dengan pemberian pupuk ini dapat membuat tanaman hias tumbuh sesuai harapan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top