fbpx

7 Tanaman Hias Yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari

Bagi Anda yang tinggal di daerah yang minim cahaya matahari pasti merasa kebingungan mencari tanaman yang cocok. Jangan khawatir, ada banyak tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari sehingga tetap hidup dengan baik walaupun hanya diletakkan di dalam rumah.

Tanaman jenis ini cocok untuk Anda yang menginginkan ruangan sejuk namun tinggal di apartemen atau sejenisnya sehingga tidak memiliki halaman untuk meletakkan tanaman.

Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari

Berikut ini adalah beberapa tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari dan sangat disukai banyak orang karena keindahannya. Beberapa tanaman tersebut adalah sebagai berikut ini :

1. Lidah Mertua

Sansevieria atau yang dikenal sebagai lidah mertua ini adalah tanaman yang cocok ditanam di dalam rumah karena tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Point plus dari tanaman ini adalah mudah tumbuh walaupun dengan sinar matahari yang minim.

Selain itu perawatannya juga cukup mudah sehingga Anda tidak perlu kerepotan. Jika Anda meletakkannya di dalam rumah, udara di ruangan Anda dapat menjadi bersih dengan bantuan tanaman ini.

2. Calathea

Tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari lainnya yang cukup unik daunnya dan digemari adalah chalatea. Tanaman ini lebih suka hidup di tempat yang teduh sehingga Anda dapat meletakkannya di dalam ruangan.

Corak daunnya yang unik dan beraneka ragam pasti akan semakin mempercantik ruangan Anda sehingga tidak terlihat membosankan.

3. Peperomia

Peperomia adalah salah satu jenis tanaman merambat yang dapat tumbuh dengan sinar matahari yang minim. Jenis tanaman ini ukurannya dapat dikatakan relative kecil namun sangat menggemaskan.

Yang perlu Anda perhatikan dalam merawat tanaman ini adalah menjaga tingkat kelembabannya sehingga tanaman dapat tumbuh dengan sempurna.

4. Sirih gading

Jika Anda ingin tanaman yang tumbuh di dalam air namun bisa diletakkan di dalam ruangan, Anda dapat memilih sirih gading. Tanaman ini sangat mudah tumbuh hanya dengan stek batang saja karena di setiap ruasnya terdapat akar yang tumbuh. Anda dapat memeliharanya di dalam botol kaca dan nantinya sulur serta daunnya dapat tumbuh dengan cepat.

5. Lucky Bamboo

Tanaman lucky bamboo ini dapat Anda pelihara di dalam rumah karena tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Anda dapat menanamnya dengan media air, tanah ataupun hydrogel.

Biasanya tanaman ini dijual dengan rangkaian yang unik dan cantik dan terdiri dari banyak batang. Nantinya lama kelamaan tanaman akan memunculkan daun yang semakin banyak dan terlihat indah. Point plus dari tanaman ini adalah dapat membersihkan karbon monoksida di udara.

6. Anthurium

Tanaman anthurium ini juga cocok sebagai tanaman hias indoor. Anda dapat memilih tanaman yang berukuran kecil agar tidak terlalu memenuhi ruangan. Selain itu tanaman jenis ini juga cantik dengan banyak pilihan warna bunga yang siap memperindah ruangan.

7. Tanaman Kupu-Kupu

Jenis tanaman ini juga dapat Anda jadikan pilihan tanaman indoor. Daya tariknya tentu saja terdapat di bagian daunnya yang berwarna ungu dan bentuknya seperti sayap kupu-kupu.

Saat berbunga tanaman ini juga terlihat semakin cantik dengan warna bunganya yang ungu muda. Anda juga harus tahu jika tanaman ini terbuka dan tertutup sebagai salah satu caranya merespon adanya cahaya.

Ada banyak sekali tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari yang lainnya untuk dipilih. Jadi, Anda tidak perlu pusing dan bimbang bila ingin melengkapi ruangan Anda yang minim sinar matahari dengan tanaman. Semoga dapat menambah referensi Anda dalam menghias ruangan sehingga terlihat fresh dan nyaman.

Leave a Reply

0
Scroll to Top