fbpx

6 Tanaman Hias Akar Yang Unik dan Cantik Sebagai Penghias Rumah

Tanaman biasanya digemari karena bunganya yang indah atau daunnya yang unik. Namun ada juga yang menggemari tanaman hias akar karena keunikan bentuk akar yang dimiliki.

Jika Anda ingin mempercantik rumah Anda dengan sesuatu yang unik, Anda dapat menambahkan tanaman jenis ini. Nilai plus dari keunikannya biasanya terdapat pada bonggol akarnya yang meliuk-liuk dan berukuran besar. Umumnya tanaman ini adalah jenis bonsai yang dibuat sangat menarik.

Jenis Tanaman Hias Akar yang Menarik

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman hias akar yang sangat cantik dan juga unik untuk menghias halaman rumah Anda.

1. Beringin

Bonsai beringin adalah salah satu primadona dari tanaman hias akar. Akarnya yang meliuk-liuk dan bernilai seni tinggi ini yang membuatnya memiliki harga mahal di pasaran. Daya tarik lainnya juga terdapat dari akar gantung yang dimiliki sehingga terlihat khas.

Jadi tidak heran bila banyak sekali orang yang memburunya untuk dijadikan penghias rumah. Namun dalam perawatannya, tanaman ini membutuhkan ketlatenan dan ketelitian agar hasilnya memuaskan.

2. Adenium

Pohon kambja jepang ini dikenal dengan sebutan adenium dan ukurannya kecil. Tanaman ini juga digemari karena bisa dibuat menjadi bonsai dengan akar yang indah. Letak seninya ada di akarnya yang besar dan meliuk karena di rekayasa sedemikian rupa.

Tanaman ini juga semakin cantik saat tumbuh bunga yang rimbun mengalahkan banyaknya daun yang ada. Ada banyak varietas bunga adenium ini dan memiliki warna serta corak yang beraneka ragam. Agar bertambah unik, ada pula yang menyambungnya dengan jenis berbeda sehingga dalam satu tanaman terdapat beberapa jenis bunga.

3. Karet Kebo

Tanaman hias akar karet kebo ini memiliki nama latin ficus elastica. Nilai plusnya terdapat di akar dan batangnya yang sangat menarik bila sudah dijadikan sebagai bonsai. Biasanya orang memotong bagian akarnya sehingga dapat terbentuk seperti yang diinginkan.

Jangan khawatir, pemotongan akar ini tidak akan menjadikan tanaman mati karena akan tumbuh kembali dengan cepat. Hasilnya tentu saja Anda akan mendapatkan tanaman seperti yang diinginkan.

4. Bougenvile

Tanaman lain yang dapat terlihat indah di bagian akarnya adalah bougenvile. Biasanya para pembuat bonsai bougenvile akan merekayasa sehingga akar tanaman bisa tumbuh di atas tanah dan terlihat eksotik.

Tanaman bougenvile memiliki akar yang cukup kuat dan dapat mencengkram benda yang ada di bawah akarnya. Hal inilah yang dimanfaatkan untuk membuatnya menjadi tanaman hias yang berakar unik. Selain itu tanaman ini juga akan bertambah indah saat bunganya rimbun.

5. Azalea

Tanaman azalea mungkin masih terdengar cukup asing di telinga kita. Namun tanaman ini juga termasuk tanaman hias yang dapat dibuat unik bagian akarnya. Untuk membuat akarnya menjadi unik butuh waktu yang cukup dan ketlatenan ekstra.

Selain digemari karena akarnya yang unik, azalea ini juga memiliki bunga yang indah seperti bougenville dan adenium. Jenis tanaman ini memiliki banyak varietas bunga dan warnanya juga beraneka ragam.

6. Ulumus Cina

Tanaman ulumus cina ini dapat ditanam di dalam pot sebagai tanaman yang unik akarnya. Aslinya tanaman ini dapat mencapai ketinggian 10 meter jika tidak dibuat menjadi bonsai.

Perawatan tanaman ini cukup mudah karena tahan di segala cuaca dan kondisi lingkungan. Namun Anda harus memilih pot yang sesuai dan cocok agar tanaman dapat terlihat lebih indah dan sedap dipandang mata.

Ternyata ada cukup banyak jenis tanaman hias akar yang bisa dijadikan pilihan. Untuk memilikinya, Anda harus menyediakan budget yang cukup besar karena proses pembentukannya yang rumit.

Bila Anda tidak mau mengeluarkan biaya yang besar, Anda dapat membuatnya sendiri dengan belajar dari tutorial yang ada di berbagai media seperti youtube.

Leave a Reply

0
Scroll to Top