Percantik Dekorasi Pagar Rumah Dengan Tanaman Hias Tempel Dinding

Suasana rumah akan nampak asri dan nyaman, apabila di area rumah ditanami sebuah tanaman. Salah satunya bisa ditanami dengan sebuah tanaman hias tempel dinding. Tanaman satu ini cocok untuk mereka yang hendak membangun taman di rumah, namun memiliki keterbatasan lahan. Oleh karenanya tembok ataupun dinding bisa dijadikan sebagai area taman dengan konsep vertical

Tanaman Hias Tempel Dinding Membuat Rumah Semakin Asri

Taman berbentuk vertical merupakan sebuah taman yang menerapkan system tanaman menggunakan media pot dan digantungkan di dinding rumah.

Tanaman ini mampu menyerap polutan, melembabkan udara hingga mengurangi stress. Lantas apa saja jenis tanaman hias yang digantungkan atau ditempel pada dinding tersebut? Berikut ulasannya

1. Sirih merah

Sirih merah merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki fungsi sebagai hiasan dekorasi rumah dan juga sebagai tanaman herbal. Pasalnya tumbuhan dengan corak list merah pada daunnya ini bisa menghentikan pendarahan pada hidung dan juga mengobati luka bakar ringan. Jadi saat salah satu keluarga Anda mimisan atau terkena luka bakar, Anda tinggal memetiknya di tembok.

2. Tanduk Rusa

Bentuk daunnya yang unik seperti halnya tanduk rusa jantan ini diklaim sebagai salah satu dari tanaman herbal. Meski demikian, tanaman tanduk rusa lebih banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias dinding untuk mempercantik dekorasi rumah. Tanaman yang berkembang biak dengan spora ini bisa tumbuh pada tumpangan batang kayu.

3. Hosta

Hosta atau yang lebih dikenal dengan nama funkia (giboshi) ini sedang populer dalam dunia garden vertikal. Tanaman hosta ini cocok untuk area-area dinding rumah yang minim intensitas cahaya masuk.

Jenis tanaman evergreen ini memiliki bentuk daun yang indah dengan bunga berwarna gradasi ungu memberikan nuansa alamiah di rumah.

4. Lipstik Plant

Seperti halnya lipstick pada salah satu item alat make up, bunga lipstick ini memiliki bentuk kelopak dengan warna merah di dalamnya. Tanaman hias tempel dinding dari negeri jiran Malaysia ini dikenal juga dengan istilah lipstick plant.

Bunga ini tidak membutuhkan tanah yang dalam dan mampu beradaptasi dengan segala kondisi cuaca di rumah. Hal inilah yang membuat Bunga Lipstik bisa ditempatkan di dalam ataupun di luar ruangan.

5. Begonia

Tanaman yang tergolong dalam keluarga bunga Begoniaceae ini dikenal sebagai kembangnya negara tropis. Pasalnya tanaman begonia ini mampu tumbuh optimal tatkala terkena sinar matahari.

Keunikan dari jenis tanaman hias dinding satu ini pada corak daunnya yang khas. Bunga begonia juga tidak membutuhkan sebuah perawatan khusus seperti tanaman hias lainnya, yang penting terkena matahari minimal 2 jam dalam sehari.

6. Mandevilla

Mandevilla merupakan salah satu jenis tanaman merambat dari keluarga Apocynaceae. Tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini memiliki nama umum Rocktrumpet. Cara pertumbuhan dengan merambat, membuat Mandevilla cocok untuk pagar atau dinding rumah. Juntaian daun dengan kombinasi bunga warna putih kemerahan menjadi dekorasi visual yang menarik.

7. Strobery

Siapa sangka, tumbuhan buah mungil dengan warna merah dan rasanya yang asam-asam nyegerin ini bisa dijadikan sebagai tanaman hias dinding.

Terdapat dua manfaat sekaligus jika seseorang menanam tanaman stroberi ini dalam pot dan ditempelkan di dinding. Selain dapat dimanfaatkan buahnya, tanaman ini juga mampu mendekorasi eksterior rumah Anda.

Demikian tujuh jenis tanaman hias tempel dinding yang bisa dijadikan referensi Anda dalam membuat kebun taman vertikal. Anda bisa membuat sendiri vertikal garden ini dengan memanfaatkan barang bekas sebagai pot tanaman hias gantung dinding.

Leave a Reply

0
Scroll to Top