6 Rekomendasi Tanaman Hias Taman Untuk Halaman Rumah

Memiliki lahan kosong, tentu ingin rasanya menyulap lahan menjadi sebuah taman yang indah dengan tanaman hias taman. Sebuah taman secara tidak langsung ikut andil dalam mendekorasi rumah.

Adanya taman ini membuat seseorang betah untuk sekedar duduk bersantai di teras rumah. Dengan penataan yang epic sesuai dengan jenis, ukuran dan ciri khas masing-masing tanaman, Anda akan dibawa seperti nuansa liburan di alam.

Tanaman Hias Taman Yang Recommended Untuk Halaman Rumah

Bagi Anda yang tertarik untuk menciptakan nuansa alami depan rumah dengan sebuah taman, Anda bisa membeli benih di tempat penjualan tanaman hias.

Terkadang saat kita melewati suatu taman, kita tertarik untuk menanamnya di rumah. Namun sayangnya, kita tidak tahu nama dari tanaman hias tersebut. Berikut disajikan informasi mengenai jenis tanaman hias yang cocok untuk taman beserta ciri-ciri khasnya.

1. Kadaka Menjangan

kadaka menjangan atau tanduk rusa

Kadaka Menjangan dikenal juga dengan sebutan Platycerium Bifurcatum ini merupakan golongan tanaman hias jenis tanaman paku. Tanaman ini memiliki ciri menempel pada tanaman lainnya.

Jadi bagi Anda yang hendak menanam Kadaka Menjangan sebaiknya menanam juga tanaman hias lainnya sebagai induk untuk menopang Kadaka Menjangan. Bentuk daun dari Platycerium Bifurcatum ini menjuntai dan bisa bercabang hingga 1 meter panjangnya.

2. Blue Eye

Nama latin dari bunga cantik berwarna biru ini tak lain adalah Evolvulus Glemorouts. Tanaman ini memiliki bentuk kelopak bunga yang menawan. Meskipun bentuk bunganya tidak terlalu besar, namun warna birunya mampu memikat hati tatkala mata memandang.

Warna biru agak pucat dengan aksen di tengahnya membuat taman hunian Anda menjadi lebih berwarna. Bunga ini akan mekar di pagi hari kemudian agak layu di siang sehingga disebut sebagai bunga morning glory.

3. Tanaman Hias Cendrawasih

Seperti halnya burung cendrawasih, tanaman hias cendrawasih ini juga memiliki karakter unik dan juga menawan. Tanaman ini biasanya dijadikan sebagai tanaman pagar, perdu atau bahkan beberapa orang memanfaatkan sebagai tanaman bonsai.

Cendrawasih memiliki tekstur daun yang halus dan rapat bagaikan unggas cendrawasih. Alasan inilah yang membuat tanaman dengan nama lain phylantus ini sedap dipandang.

4. Cemara Buaya

Dalam sebuah area taman tidak melulu tanaman hias taman harus besar dan menjulang tinggi. Ada kalanya terdapat tanaman kecil untuk melengkapi kekosongan taman.

Cemara buaya bisa dijadikan alternative dengan bentuknya yang unik serta tingginya sekitar 30 cm. Cemara buaya juga sering dijadikan sebagai tanaman bonsai. Pohon ini memiliki pertumbuhan menyamping dan termasuk golongan semak merambat.

5. Dolar

Tanaman hias jenis dolar ini berkembang dengan cara merambat sehingga menciptakan suasana segar pada area rumah atau kantor. Dolar ini bisa dibudidayakan dengan digantung atau ditanam di tanah dan akan merambat di dinding atau pagar.

Ficus Repens memiliki karakter berbentuk hati dengan warna hijau tua pada daunnya. Selain sebagai tanaman hias, ficus repens juga dimanfaatkan sebagai tanaman herbal untuk mengobati beberapa penyakit.

6. Kaktus

cara-menanam-kaktus-star-farm

Bagi Anda yang ingin memiliki tanaman hias sebagai taman namun tidak ingin ribet dengan perawatannya, Kaktus menjadi solusi.

Pasalnya tanaman berduri ini mampu bertahan dalam paparan sinar matahari tanpa membutuhkan banyak air. Jadi tatkala Anda lupa menyiraminya, kaktus tetap akan tumbuh optimal.

Sajian informasi enam jenis tanaman hias taman ini semoga bisa menginspirasi Anda saat hendak membeli tanaman hias. Selain itu Anda juga bisa menentukan jenis tanaman hias apa saja yang cocok dijadikan sebagai taman rumah atau kantor Anda.

Leave a Reply

0
Scroll to Top