5 Jenis Tanaman Hias Dalam Ruangan AC Yang Mudah Dirawat

Dalam beberapa ruang, AC sering digunakan untuk menjaga kondisi kelembapan udara agar ruangan nyaman digunakan. Keberadaan AC ini menjadi tantangan tersendiri dalam dekorasi ruang dengan menggunakan tanaman hias.

Tidak semua tanaman hias mampu beradaptasi dengan kondisi ruangan yang menggunakan AC. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan sedikit membahas tentang jenis-jenis tanaman hias dalam ruangan AC.

Jenis-jenis tanaman hias dalam ruangan AC

Dewasa ini nuansa natural alami dan minimalis, menjadi trending untuk sebuah hunian ataupun kantor. Banyak orang memanfaatkan tanaman hias demi memberi kesan alami dan natural.

Spesial untuk ruangan ber-Ac, terdapat jenis tanaman hias dengan karakter khusus, seperti daun lebar dan akar yang telah tumbuh sempurna.

Adapun jenis tanaman yang mampu bertahan dalam ruangan berpendingin adalah sebagai berikut:

1. Palm

Pohon yang bentuknya hampir mirip pohon kelapa ini cocok digunakan sebagai tanaman hias untuk ruangan berpendingin. Pasalnya pohon palm cenderung menyukai penerangan yang minimal.

Tanaman hias satu ini tetap bisa tumbuh dengan optimal dalam ruangan bersuhu 18-26o Celcius. Jenis pohon palm yang cocok untuk ruangan ber-AC adalah jenis parlor dan juga kentia yang mampu bertahan hingga temperatur 10o C.

2. Snake Plant atau Lidah Mertua

Lidah mertua kali ini, tidak akan pernah menyakitkan hati sang pemiliknya karena tidak dapat bertutur kata. Namun lidah mertua ini justru akan membuat kesan ruangan kita menjadi lebih berestetika.

Snake plant atau lidah mertua merupakan salah satu dari tanaman genus sanseviera. Tanaman yang memiliki daun tegak menjulang ini disinyalir bisa menghilangkan dan menyerap racun seperti formaldehida dan benzena dalam ruangan. Snake plant cocok untuk ruangan ber-Ac karena mampu bertahan pada paparan cahaya rendah.

3. Sri Rejeki atau Aglaonema

Di Indonesia, tanaman hias aglaonema ini dikenal dengan sebutan lokal bunga sri rejeki. Layaknya tanaman hias lainnya, bunga sri rejeki mampu menyerap zat kimia formaldehida yang berbahaya.

Corak daunnya yang menawan dan tumbuh tegak ini dijadikan alasan banyak hotel ataupun kantor memilih aglaonema untuk menghiasi ruang mereka. Tanaman yang memiliki daun lebar dengan corak warna putih dan hijau ini bisa bertahan lama di ruangan ber-AC.

4. Sirih Gading

Sirih gading atau tanaman hias yang memiliki nama lain Devil’s Ivy atau Golden Photos ini bisa dijadikan alternatif tanaman hias dalam ruangan AC. Tanaman cantik mempesona ini bisa diletakkan pada pot gantung dalam ruangan atau di sisi jendela ruang.

Tanaman dengan juntaian daun merambat ini memiliki keunggulan memurnikan udara serta tangguh dalam ruangan dengan suhu rendah. Keunikan sirih gading lainnya terdapat pada media tanamnya yang bisa menggunakan air ataupun tanah.

5. Peace Lily

Peace-Lily-star-farm

Salah satu jenis tanaman hias yang mampu bertahan dalam ruangan dengan menggunakan AC lainnya adalah bunga peace lily. Peace lily tetap bisa tumbuh optimal, meski suhu ruangan berada pada 16-21oC.

Bagi manusia, tumbuhan cantik satu ini bisa membantu menyerap racun di udara. Namun bagi beberapa hewan seperti kucing atau anjing, bunga peace lily bisa menjadi suatu allergen.

Kelima tanaman hias dalam ruangan AC di atas bisa kita terapkan pada ruangan kantor atau hunian Anda agar tetap asri. Meski dalam ruangan dengan air conditioner ini, memiliki nuansa ruangan dengan estetika natural, bukanlah perkara sulit. Kita bisa memilih salah satu jenis tanaman hias di atas sesuai dengan selera kita.

Leave a Reply

0
Scroll to Top