Ini Dia Tanaman Hias Hidroponik Untuk Lahan Sempit

Hidroponik, kini sedang menjadi trending topic dalam bercocok tanam. Pasalnya teknik bercocok tanam satu ini dinilai menjadi solusi bagi mereka yang memiliki lahan sempit tapi ingin bercocok tanam. Selain itu ada juga yang beralasan teknik budidaya tanaman satu ini mudah dan tidak ribet. Tanaman hias hidroponik juga sering dijadikan sebagai bahan untuk dekorasi eksterior rumah.

Tanaman Hias Hidroponik Untuk Dekorasi Rumah Yang Unik

Teknik bercocok tanam secara hidroponik ini tidak hanya diperuntukkan untuk tanaman sayuran saja. Namun teknik ini bisa juga digunakan untuk menanam tanaman hias. Lalu apa saja tanaman hias yang bisa ditanam dengan menggunakan media air ini? Simak ulasannya berikut ini

1. Suplir

Suplir termasuk dalam golongan marga Adiantum, anak suku dari Vittariodeae dan juga Pteridaceae. Tumbuhan paku ini sudah popular dalam tanaman hias untuk menghiasi ruangan ataupun taman.

Suplir sendiri merupakan sebuah kata yang berasal dari Prancis dimana artinya adalah “seluruh rambut di kepala”. Di era Belanda masuk di Indonesia, tanaman Suplir begitu sulit ditumbuhkan karena harus membutuhkan banyak sekali penyiraman.

Oleh karena itu supplir merupakan salah satu tanaman hias yang tepat jika dibudidayakan menggunakan teknik hidroponik.

2. Bunga Matahari

Cara-Menanam-Bunga-Matahari-star-farm

Dewasa ini banyak desa yang menanam bunga matahari dengan tujuan untuk dijadikannya sebagai tempat wisata. Namun mereka menanamnya di lahan luas, Anda pun bisa menanamnya dalam sebuah pot yang berisi arum sekam atau pasir.

Untuk membuatnya makin menawan, susunlah pot dalam sebuah rak. Hal yang menjadi perhatian saat menanam bunga matahari adalah bagian tempat penanaman bunga harus terpapar penuh sinar matahari.

3. Dracaena

Tanaman hias dracaena juga tidak kalah popular dengan bunga matahari. Tanaman hias satu ini juga bisa dibudidayakan menggunakan teknik hidroponik. Dracaena seringkali dijadikan sebagai hiasan pada ruang tamu.

Anda bisa mengganti media tanam tanah bunga Dracaena ini dengan menggunakan air agar makin ciamik. Bentuk daunnya yang lebar, dan panjang dengan varian warna tepi merah krem ini memiliki kemampuan untuk menyerap debu. Namun sayangnya tanaman hias hidroponik ini sebaiknya dihindari karena bisa jadi racun apabila Anda memiliki hewan peliharaan.

4. Anggrek

Anggrek merupakan tanaman hias yang sering kali tumbuh menopang pada tumbuhan lainnya. Tanaman yang mudah dirawat ini bisa juga ditempel di dinding rumah menggunakan media tanam seperti sabut kelapa.

Bunga anggrek memiliki warna-warna yang memikat dihati para penggemarnya. Karena keindahannya, bunga satu ini seringkali dijadikan sebagai hiasan dekorasi rumah. Bahkan terdapat pula bunga anggrek yang memiliki harga fantastis karena keelokannya.

5. Keladi Red Star

Disebut sebagai keladi red star lantaran warna daunnya yang unik hijau kombinasi merah dengan corak seperti bintang.

Tanaman dengan bentuk daun lebar ini akan membuat nuansa rumah Anda semakin Asri. Keladi star membutuhkan sinar matahari yang cukup agar pertumbuhannya tidak terganggu, sehingga daunnya juga tidak pucat.

6. Bunga Bambu Jepang

Berbeda dengan tanaman hias sebelumnya, bunga bambu jepang merupakan jenis tanaman hias yang cocok untuk ditempatkan dalam ruangan.

Bunga bambu jepang ini memiliki bentuk yang mungil menggemaskan sehingga cocok dijadikan sebagai hiasan meja. Tanaman dengan bentuk daun dan lebar ini bisa dibudidayakan menggunakan teknik hidroponik

Demikian enam jenis tanaman hias hidroponik sebagai solusi dekorasi hunian dengan lahan sempit. Setiap tanaman hias ini memiliki karakter dan keunikan masing-masing. Pilihlah jenis tanaman hias yang bisa disesuaikan dengan karakteristik hunian Anda.

Leave a Reply

0
Scroll to Top