9 Ragam Tanaman Hias Gantung untuk Menambah Keasrian Rumah

Bukan hanya perabot dan furnitur saja yang bisa membuat rumah menjadi hidup. Kehadiran tanaman hias gantung di sekitar rumah bisa menjadi salah satu alternatif untuk menyemarakkan rumah Anda. Selain lebih hidup, tanaman-tanaman ini juga akan menjadikan suasana rumah jadi lebih asri. Apalagi jika hunian Anda berlokasi di daerah padat penduduk dan panas. Hadirnya tanaman-tanaman hias akan menjadi penyegar dan pelipur mata yang memandang.

Jenis-jenis Tanaman Hias Gantung yang Terbaik dan Rekomended

Tanaman hias gantung dipilih karena tidak memakan banyak ruang, justru tanaman ini akan memanfaatkan ruang atau sudut kosong di rumah Anda. Selain itu, tanaman hias yang digantung biasanya cukup fleksibel dan lebih mudah dirawat.
Berikut adalah jenis-jenis tanaman hias yang bisa Anda gantung di beberapa bagian rumah. Diantaranya adalah :

1. Dischidia Geri

Tanaman gantung yang satu ini dikenal karena bentuk daunnya yang unik yaitu seperti buah apel berwarna hijau. Daunnya tumbuh panjang menjuntai sehingga sangat tepat jika ditanam dalam pot dan digantung di tempat tinggi.

2. Tradescantia

Tanaman yang satu ini memiliki bentuk daun dengan corak yang beraneka ragam serta warna bervariasi. Trandescantia bisa tumbuh di banyak tempat dengan beragam kondisi lingkungan. Karenanya, tanaman ini juga cocok untuk digantung di sekitar rumah.

3. Dischidia Nummularia Variegeta

Bagi Anda yang pemula atau belum terbiasa dengan perawatan tanaman hias, Anda bisa mencoba untuk merawat tanaman yang satu ini. Tanaman ini memiliki juntaian daun yang unik dan cukup rimbun. Namun, jangan khawatir karena perawatannya sangat mudah sekali.

4. Sedum Morganianum

Nama tanaman ini terkesan rumit, namun sebagian orang mengenalnya dengan nama kaktus anggur. Tanaman ini juga merupakan tanaman hias gantung yang cukup menarik dan mudah perawatannya. Bentuknya yang unik dan cantik seperti kaktus membuat banyak penggemar tanaman hias jatuh hati.

5. Creeping Charlie

Awas, jangan salah anggap kalau tanaman ini adalah daun mint, ya. Bentuknya memang sangat mirip namun Creeping Charlie adalah jenis tanaman hias gantung. Tanaman yang asalnya dari Amerika Selatan ini sangat cepat tumbuh dengan daun yang hijau menyejukkan.

6. Bunga Anggrek

Siapa sih yang tidak kenal dengan bunga Anggrek? Bunga hias yang satu ini bukan hanya populer karena kecantikannya namun juga karena harganya bisa jadi selangit. Memelihara Anggrek bukan hanya sekedar hobi, tapi juga dibutuhkan ketekunan.

Bunga anggrek memang sangat tepat jika diletakkan dalam posisi menggantung. Keindahan bunga dan daunnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Rumah Anda akan jauh lebih indah dengan kehadiran beberapa pot tanaman anggrek.

7. Sirih Blaster Heart

Seperti daun sirih pada umumnya, tanaman sirih blaster heart juga memiliki daun berbentuk hati. Tanaman ini tidak memiliki bunga, jadi budidayanya terfokus pada daunnya. Sebagai tanaman gantung, sirih blaster heart memiliki tampilan yang manis dan sederhana.

8. Baby Tears Plant

Pernahkah Anda melihat bagaimana penampakan tanaman baby tears plant? Ya, daunnya yang kecil dan rapat membuat tanaman ini nampak seperti lumut dalam jumlah besar. Tanaman ini sangat cocok diletakkan di dalam ruangan sebagai penyejuk dan penyegar.

9. Petunia Red Picotee

Tanaman ini memiliki bentuk dan penampilan secantik namanya. Bunganya berkelopak lebar dengan warna merah di bagian dalam dan putih di tepiannya. Tanaman ini sangat menyegarkan jika diletakkan di dalam ruangan.

Sembilan tanaman hias gantung ini memang sudah cukup populer untuk dijadikan sumber oksigen dan penghijauan di sekitar rumah. Karenanya, tak ada rumah yang nampak gersang dan kering jika memiliki salah satunya. Jadi, tanaman manakah yang hendak mengasrikan rumah Anda?

Leave a Reply

0
Scroll to Top