10 Tanaman Hias Daun Terbaik, Sumber Kesejukan dalam Ruangan

Salah satu benda yang dapat memberikan kesejukan dalam sebuah ruangan selain AC adalah tanaman hias daun. Mengapa demikian? Warna hijau daun atau setidaknya semburat kehijauan akan menjadi penyegar mata dan sumber inspirasi bagi pikiran. Tanaman ini juga akan menjadi sumber oksigen serta menyerap udara kotor dalam ruangan.

Meskipun mengutamakan daunnya, tanaman hias ini tidak kalah cantik dari tanaman hias dengan bunga. Itulah mengapa tanaman hias ini sangat tepat untuk dijadikan salah satu ornamen untuk menyejukkan ruangan Anda.

Jenis Tanaman Hias Daun yang Rekomended untuk di dalam Ruangan

Tidak mudah mencari tanaman hias daun yang cocok untuk diletakkan di dalam ruangan. Hal ini dikarenakan tidak semua tanaman hias bisa tahan tanpa cahaya matahari dalam jangka panjang. Biasanya, mereka membutuhkan cukup sinar serta ruang luas untuk penguapan.

Tanaman hias yang menonjolkan daun biasanya memiliki bentuk atau karakter daun yang unik. Bisa panjang, lebar, tebal, bergelombang dan lain sebagainya. Berikut ini adalah 10 tanaman hias yang bisa Anda letakkan di dalam rumah sebagai penyejuk, yaitu :

1. Kuping Gajah

Kuping gajah adalah tanaman hias yang sudah cukup populer di Indonesia. Daunnya lebar dan hijau sempurna menjadikan kuping gajah sangat tepat untuk dipakai menghijaukan ruangan.

2. Lidah Mertua

Lidah mertua sempat dianggap tanaman liar yang mengganggu karena mudah tumbuh dimana saja. Namun siapa yang menyangka bahwa tanaman hias daun lidah mertua menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk dipelihara di dalam ruangan.

3. Suplir

Suplir adalah tanaman populer penghias ruangan dari marga Adiantum. Tanaman ini merupakan jenis tanaman paku yang hidup bergerombol. Semakin rimbun daunnya, tanaman ini semakin nampak indah. Cocok sekali menyeimbangkan suasana di ruang yang kering.

4. Tanduk Rusa

Tanaman ini dikenal juga dengan nama Simbar Menjangan. Tanduk rusa mudah sekali ditemui di daerah tropis. Anda bisa menempelkannya di pohon atau digantung dalam pot. Meski termasuk tumbuhan tropis, tanaman ini tidak tahan terhadap sinar matahari langsung.

5. Puring

Tanaman yang satu ini akan sering Anda temui menghiasi taman-taman bunga. Puring merupakan jenis tanaman perdu dengan warna dan bentuk daun yang sangat bervariasi. Puring bisa ditanam di luar ataupun di dalam ruangan.

6. Aglaonema

Aglaonema atau Sri Rejeki merupakan salah satu tanaman hias yang menonjolkan daunnya. Warna dan serat daunnya sangat bervariasi. Tanaman hias daun ini sangat cocok untuk dipakai menyejukkan ruangan.

7. Keladi Red Star

Keunggulan tanaman keladi red star adalah serat dan urat daunnya yang memiliki motif seperti bintang. Tanaman ini bisa diletakkan di dalam ruangan namun pertumbuhannya akan lebih maksimal jika divariasi dengan pancaran sinar matahari penuh.

8. Spider Plant

Tanaman dengan daun panjang menjulur ini sangat cocok untuk diletakkan di ruang yang terbatas. Warna dan bentuknya yang unik membuat suasana ruangan jadi nampak alami. Tanaman ini banyak dipakai untuk menyeimbangkan ruang-ruang yang terasa kosong dan kering.

9. Kadaka

Keunikan tanaman hias yang satu ini adalah daunnya yang hijau dan tebal. Bentuk daunnya sangat menarik dan unik. Tanaman ini mudah ditemukan di dalam hutan, namun tetap bisa dipelihara di dalam ruangan.

10. Monstera

Pasti Anda tidak asing dengan nama tanaman yang satu ini. Ya, monstera merupakan salah satu jenis tanaman hias yang beranjak populer. Letak keunikannya adalah pada bentuk daunnya yang seakan-akan penuh lubang. Tanaman ini sangat tepat untuk diletakkan sebagai penghias ruangan.

Apakah di ruangan Anda sudah ada salah satu tanaman hias daun di atas? Jika belum, tidak terlambat untuk menambahkan sekarang juga. Tanaman-tanaman hias ini akan membantu menyegarkan dan menghidupkan suasana ruangan Anda jadi lebih alami. Anda dijamin betah berada di dalam ruangan karena kesejukannya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top