5 Macam Tanaman Hias Gantung Tahan Panas dan Hujan

Memiliki tanaman hias gantung tahan panas dan hujan bisa membuat rumah menjadi semakin sejuk dan indah. Tidak memiliki lahan yang luas bukan lagi menjadi penghalang bagi Anda untuk memiliki tanaman hias. Tanaman gantung menjadi solusi yang paling tepat untuk memperindah rumah Anda.

Biasanya, ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan ketika seseorang akan memelihara tanaman gantung. Karena tidak ditanam langsung di tanah, maka tanaman gantung memerlukan perawatan khusus dengan menyiramnya secara rutin. Letaknya yang lebih dekat dengan matahari karena digantung juga bisa membuat tanaman menjadi cepat layu. Jadi, tanaman apa yang cocok untuk dijadikan tanaman gantung?

5 Jenis Tanaman Hias Gantung Tidak Mudah Layu

Anda bisa mencari beberapa rekomendasi tentang tanaman hias gantung tahan panas dan hujan . Berikut beberapa referensi yang cocok untuk Anda.

1. Portulaca

Portulaca adalah nama lain dari bunga krokot. Bunga ini juga sering disebut dengan nama bunga bukul Sembilan. Portulaca merupakan tanaman hias yang biasanya ditanam di pot gantung. Tanaman ini dipilih karena mudah untuk ditanam. Selain itu, tanaman hias gantung tahan panas dan hujan ini memang cepat berkembang biak.

Lebih dari itu, perawatan tanaman ini tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Anda tidak perlu sering-sering menyiraminya. Tanaman ini tahan terhadap panas dan tidak mudah layu. Hal ini dikarenakan Portulaca memang membutuhkan cukup sinar matahari. Bunganya yang berwarna-warni membuat tanaman ini terlihat begitu indah.

2. Marigold

Tanaman dengan bunga berwarna kuning cantik ini merupakan tanaman hias gantung yang sedang populer. Tanaman ini tahan terhadap panas dan hujan. Bunga ini tidak hanya dijadikan sebagai penghias di luar rumah. Banyak orang yang meletakkannya untuk hiasan meja. Namun bagi Anda yang sedang mencari tanaman hias gantung tidak mudah layu, Marigold adalah referensi terbaiknya.

3. Petunia

Corak warna Petunia sangat beragam. Ini akan membuat rumah Anda menjadi semakin meriah. Petunia memang akan lebih cantik jika ditanam menggunakan pot gantung. Bunga ini rupanya juga tidak mudah layu dan tahan terhadap panas serta hujan. Petunia akan tumbuh subur jika mendapatkan sinar matahari setidaknya 5 jam dalam sehari. Tertarik untuk menanamnya? Coba saja.

4. Bunga Vinca

Belum lama ini, bunga Vinca sedang trending di kalangan masyarakat. Bunga Vinca ini merupakan salah satu tanaman hias gantung tahan panas dan hujan dengan bunga yang indah. Tanaman bunga ini memiliki nama lain Tapak Dara. Bunga tapak dara membutuhkan waktu penyiraman yang tidak terlalu sering.

Tanaman hias ini merupakan jenis tanaman hias klasik. Warna bunganya sangat bervariasi mulai dari pink, merah, putih, hingga merah kehitaman. Sejak jaman dulu, tanaman hias ini seringkali ditanam di pot gantung untuk memeriahkan suasana rumah.

5. Lantana

Bunga ini sering kali dinamakan dengan Tembelekan. Bagi orang desa, bunga ini bahkan seringkali dijadikan sebagai pakan ternak. Aromanya sangat khas. Meskipun demikian, sebenarnya bunga ini juga sudah populer di berbagai belahan dunia. Lantana memiliki bunga yang bervariasi. Tanaman ini bisa tumbuh tegak maupun menjuntai. Jadi, bunga ini sangat cocok untuk ditanam pada pot gantung.

Lalu, jenis tanaman manakah yang paling Anda sukai? Memiliki rumah dengan tanaman hias gantung akan membuat suasana menjadi lebih nyaman dan teduh. Tidak perlu mencari bunga yang mahal dan mewah, Anda bisa menanam beberapa rekomendasi tanaman hias gantung tahan panas dan hujan di atas. Selamat bercocok tanam

Leave a Reply

0
Scroll to Top