6 Tanaman Hias Gantung Media Air yang Semakin Awet dan Cantik dalam Air

Salah satu cara yang paling unik menghijaukan rumah adalah dengan meletakkan tanaman hias gantung media air. Mengapa air? Karena menggunakan tanah atau sekam sebagai media tanam sudah banyak dilakukan.

Kali ini, mari coba bereksplorasi mengganti media tanam dengan media lain seperti air. Rupanya, trik yang satu ini tidak hanya berhasil untuk membuat tanaman tetap hidup. Namun, tanaman jadi lebih estetis dan menarik penampilannya.

Tanaman Hias Gantung Media Air yang Mudah Perawatannya

Tanaman hias gantung media air memang belum populer dan banyak dipergunakan. Pasalnya, beberapa orang merasa khawatir cara ini malah akan membuat tanaman layu dan mati. Terlebih lagi untuk tanaman-tanaman yang harganya mahal. Pasti mereka akan sangat berhati-hati.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan beberapa jenis tanaman berikut ini. Tanaman-tanaman ini bisa Anda tanam dengan media air dan tetap bisa tumbuh dengan baik serta subur. Diantaranya adalah :

1. Enceng Gondok

Tanaman yang satu ini memang habitat hidupnya di air. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa tanaman ini bisa dijadikan tanaman hias yang menarik. Cukup ambil satu buah tanaman enceng gondok dan letakkan dalam vas berisi air.

Tanaman enceng gondok memiliki bunga berwarna ungu yang menarik. Bunga ini mungkin terlihat biasa jika Anda melihatnya di kerumunan enceng gondok di danau. Namun, bunga ungu ini akan terlihat menonjol jika diletakkan di dalam vas air.

2. Sirih Gading

Jenis tanaman hias gantung media air selanjutnya adalah sirih gading. Tanaman ini tumbuh merambat, jadi akan terlihat menjulur jika diletakkan menggantung. Keindahannya tak kalah dengan jenis tanaman sulur lainnya.

Sirih gading tak hanya menarik dipandang, namun tanaman ini mampu memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah sebagai tanaman pembersih udara di dalam ruangan. Rumah Anda akan terasa lebih segar dan sejuk.

3. Bunga Lotus

Bunga yang satu ini juga bisa Anda pergunakan sebagai penghias rumah karena bentuk bunga dan warnanya yang menarik. Mahkotanya sangat besar dengan warna merah dan putih yang cantik.

Bunga lotus memiliki batang yang jenjang dan panjang. Anda bisa meletakkannya di wadah yang panjang supaya terlihat menonjol. Bunga lotus terbilang bunga yang awet. Mereka tidak mudah layu meskipun sudah lama mekar.

4. Philodendron

Tanaman hias gantung media air yang bisa Anda pergunakan selanjutnya adalah philodendron. Tanaman ini memiliki keunikan yaitu pada bentuk dan warna daunnya yang beraneka ragam.

Philodendron tidak hanya bisa ditanam di tanah. Tanaman ini bisa ditanam menggunakan media air. Penampilannya sangat menarik apalagi jika Anda menggantungnya di tempat yang tinggi.

5. Aglaonema

Agaonema adalah sejenis tanaman yang memiliki kemampuan hidup baik jika dirawat di ruangan dengan kelembaban tinggi dan penyinaran yang rendah. Daunnya berwarna hijau kemerahan semakin menambah keindahannya.

Tanaman ini akan lebih menonjol jika Anda merawatnya di dalam vas air. Saat sudah tumbuh subur, Anda bisa menggantungnya supaya bisa dinikmati dari kejauhan dan lebih banyak orang.

6. Bunga Tulip

Siapa sangka bahwa bunga yang warnanya menarik mata ini juga bisa ditanam menggunakan media air. Tulip adalah jenis bunga yang mewah dan elok. Tanaman ini ternyata memiliki kemampuan hidup yang tinggi karena bisa hidup dengan segelas air saja.

Itulah 6 tanaman hias gantung media air yang bisa Anda praktekkan. Tanaman-tanaman ini akan memiliki nilai tersendiri ketika dirawat dengan cara berbeda. Sesuatu hal yang baru tidak selalu merugikan. Trik ini justru menambah nilai keindahan terhadap tanaman itu sendiri.

Leave a Reply

0
Scroll to Top