Mengenal 8 Jenis Tanaman Hias Monstera yang Sedang Hits dan Naik Daun

Tanaman hias monstera atau yang banyak dikenal dengan nama janda bolong adalah salah satu jenis tanaman hias yang sedang memuncak popularitas dan harganya. Tanaman ini menjadi primadona beberapa waktu belakangan ini. Beberapa diantaranya bahkan ada yang bernilai ratusan juta rupiah. Hal ini mengingatkan kita pada ketenaran aglaonema beberapa tahun silam. Kali ini, kita akan mengenal beberapa jenis tanaman monstera yang sedang populer ini. Yuk simak bersama-sama.

Macam Varietas Tanaman Hias Monstera

Tanaman monstera berasal dari hutan tropis Amerika Tengah dan Selatan. Nama monstera tidak ada hubungannya dengan monster sama sekali. Nama ini diambil dari bahasa latin Monstrou yang artinya tidak normal.

Mengapa dianggap tanaman yang tidak normal? Hal ini dikarenakan daun tanaman ini tidak seperti daun pada umumnya. Ada daun yang berlubang, ada pula yang membentuk tulang dan lain sebagainya.

Tanaman hias monstera memiliki hampir 48 varietas di seluruh dunia. Namun, jenis yang paling terkenal di Indonesia tidak lebih dari 10 varietas. Berikut ini jenis tanaman monstera:

1. Monstera Deliciosa

Monstera deliciosa memiliki ciri daun yang berlubang mulai dari pangkal hingga ujung daun, sekilas justru nampak seperti jajaran tulang. Daunnya akan semakin hijau seiring dengan berambahnya usia tanaman.

2. Monstera Variegata

Monstera yang satu ini memiliki warna yang sangat unik dan harganya jelas lebih mahal. Jenis Monstera variegata mempunyai jenis lubang yang sama dengan Monstera deliciosa, namun warna daunnya dikombinasi dengan warna putih.

3. Monstera Borsigiana

Monstera yang satu ini juga hampir mirip dengan monstera deliciosa namun letak lubangnya lebih jarang. Ukuran batang monstera ini jauh lebih kecil dan berbentuk bolat. Batangnya juga terasa lebih lunak dibandingkan dua jenis sebelumnya.

4. Monstera Adansonii

Jenis tanaman monstera yang satu ini adalah yang paling sering ditemui di masyarakat sekitar. Ukuran daun monstera Adansonii jauh lebih kecil dibandingkan dengan monstera deliciosa.

Lubang di daunnya benar-benar membentuk lubang yang tidak terputus hingga ke arah samping. Tanaman ini bisa ditanam dengan media air dan digantung. Penampilannya sangat indah, unik dan menarik.

5. Monstera Obliqua

Tanaman hias monstera yang satu ini bisa dikatakan sebagai jenis yang langka. Daun tanaman ini sangat tipis dan nampak seperti lubang lebih besar dari pada daunnya. Monstera ini sangat jarang ditemui dan dijual. Kalaupun ada, pasti sudah menjadi rebutan para kolektor monstera.

6. Monstera Dubia

Jenis tanaman monstera tidak selalu berlubang pada daunnya. Ternyata juga ada jenis monstera berdaun utuh. Meskipun tanpa lubang, tanaman ini tetap memiliki keunikan yaitu tulang daun yang nampak begitu jelas di permukaan daun.

7. Monstera Siltepecana

Monstera ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan jenis Dubia, hanya saja daun Siltepecana jauh lebih lonjong. Warna daunnya pun lebih muda dibandingkan dengan monstera pada umumnya. Tanaman ini akan tumbuh dengan cantik di dalam sebuah pot.

8. Mini Monstera

Tanaman ini memiliki nama latin Rhaphidophora tetrasperma dan sebenarnya mereka tidak termasuk monstera. Hanya saja, bentuk daunnya yang sangat mirip dengan monstera. Para pecinta tanaman hias menyebut tanaman ini sebagai mini monstera. Biasanya, tanaman ini diletakkan di dalam pot mungil dan diletakkan di sudut ruangan.

Itulah 8 jenis tanaman monstera yang perlu Anda ketahui. Tanaman monstera ini sedang mencapai puncak kejayaannya beberapa waktu belakangan. Mereka sedang diburu-buru untuk dikoleksi. Bagi yang ingin memiliki salah satunya, silahkan pilih dari beberapa jenis monstera di atas.

Leave a Reply

0
Scroll to Top