7 Jenis Tanaman Dalam Pot untuk Memperindah Hunian Minimalis Anda

Salah satu cara memberikan unsur alami dan natural di dalam atau sekitar rumah adalah dengan menghadirkan tanaman-tanaman hias. Anda bisa menggunakan beberapa jenis tanaman dalam pot untuk mengantisipasi terbatasnya lahan.

Ruang yang sempit atau area outdoor hunian yang tidak terlalu luas kini bukan lagi masalah. Tanaman-tanaman di dalam pot akan membuat rumah Anda jadi semakin cantik, menarik dan membuat penghuninya betah.

Jenis Tanaman Dalam Pot sebagai Referensi

Keberadaan tanaman di dalam sebuah rumah bisa dikatakan cukup penting. Rumah yang tidak ada unsur tanamannya akan terasa gersang, kering, kurang segar dan kurang nyaman dipandang. Karena itu, upayakan untuk menghadirkan tanaman di rumah meskipun dalam jumlah yang kecil.

Bagi yang kesulitan menanam pohon atau tanaman di area sekitar rumah karena area yang terbatas, Anda bisa menggunakan pot. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman dalam pot yang bisa Anda contoh, yaitu :

1. Bunga Begonia

Bunga yang satu ini memiliki penampilan yang sangat menarik dengan warna bunganya yang mencolok. Bentuk daunnya agak lebar dengan warna hijau atau hijau kekuningan. Bunga ini sangat cocok untuk ditanam di dalam pot dibandingkan dengan tanam di tanah.

2. Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua seakan sudah menjadi tanaman wajib yang selalu ada di sekitar rumah. Selain mudah perawatannya, tanaman ini juga memiliki visual yang unik.

Bentuknya panjang dan tajam seperti pedang atau lidah. Tak salah jika disebut dengan lidah mertua. Tanaman ini jika ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan, akan menjadi alat penyerap udara kotor dan menjadi sumber oksigen.

3. Pucuk Merah

Tanaman ini sempat populer beberapa tahun yang lalu dan menjadi incaran banyak pecinta tanaman hias. Pucuk merah memiliki keunikan tersendiri yaitu daunnya yang bisa berubah warna.

Saat muda, daun tanaman ini berwarna merah. Lambat laun, daunnya akan berubah menjadi hijau tua. Pucuk merah termasuk salah satu jenis tanaman dalam pot yang bisa Anda praktekkan. Perawatannya mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya.

4. Kaktus

Siapa bulang kaktus hanya tumbuh di gurun pasir yang gersang dan panas? Tanaman ini juga bisa dirawat di dalam sebuah pot yang kecil. Justru dengan perawatan dalam pot, tanaman kaktus bisa memiliki bentuk yang unik dan menarik.

5. Gelombang Cinta

Tanaman yang pernah bernilai puluhan juta rupiah ini memang penuh dengan ekostisme. Daunnya tidak seperti daun tanaman lain yang lebat atau rindang. Dalam satu tanaman, daun gelombang cinta hanya beberapa helai.

Di sinilah letak kelebihan jenis tanaman dalam pot ini. Daun gelombang cinta bentuknya lebar dan memiliki gelombang di bagian tepinya. Semakin lebar daunnya, semakin tinggi nilainya. Itulah mengapa tanaman ini banyak ditemui di area perkantoran.

6. Keladi Red Star

Tanaman yang bisa ditanam di dalam pot selanjutnya adalah jenis keladi red star. Hampir sama dengan gelombang cinta, keunikan tanaman ini terletak pada daunnya.

Keladi red star memiliki daun berwarna ungu kemerahan dengan kombinasi biru kehijauan. Tanaman ini akan semakin mencolok jika diletakkan di dalam pot.

7. Bunga Coleus

Bunga coleus merupakan jenis bunga yang mudah perawatannya karena tidak harus setiap hari disiram. Bentuknya kecil mungil dengan daun yang berwarna-warni. Tanaman ini memiliki ukuran kecil sehingga bisa diletakkan dalam pot-pot mini.

Itulah 7 jenis tanaman dalam pot yang bisa Anda jadikan referensi untuk memperindah rumah hunian. Rumah minimalis yang penuh dengan tanaman akan terlihat lebih indah dibandingkan yang penuh dengan perabot. Anda dijamin betah berada di dalamnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

0
Scroll to Top