fbpx

Ini Dia! Fakta Menarik Tanaman Hias Dolar Khas Afrika

Pernahkah Anda mendengar tentang kabar tanaman hias dolar yang konon diberitakan bisa menyebabkan leukimia? Apakah kabar ini benar adanya? Tanaman dolar adalah sejenis tanaman hias yang tumbuh merambat dengan daun berbentuk lonjong dan meruncing.

Asalnya dari Afrika. Tanaman ini banyak dijadikan hiasan di dalam dan luar rumah karena warna hijaunya yang menyejukkan mata. Namun, sejak adanya berita tersebut, popularitas tanaman ini beranjak menurun. Sebelum mengetahui kebenarannya, mari kita simak informasi berikut ini.

Keunikan Tanaman Hias Dolar

Tanaman hias dolar merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak diburu oleh para pecinta tanaman hias. Pasalnya, tanaman ini memiliki tampilan yang sangat menarik, berdaun teratur dan menyenangkan untuk dipandang.

Namun, sebuah isu tidak sedap menerpa keberadaan tanaman hias asal Afrika ini. Dikabarkan, tanaman ini memicu penyakit leukimia. Sebelum membahasnya lebih lanjut, mari kita simak beberapa keunikan tanaman hias yang satu ini.

Asal Mula

Tanaman dolar sebenarnya bukan tanaman asli Indonesia. Jenis tanaman ini diketahui berasal dari Afrika dan banyak ditemukan di daerah seperti Kenya, Zanzibar dan Tanzania.

Tanaman yang oleh penduduk lokal disebut dengan zamio ini sempat populer saat pertama kali ditemukan. Hingga kini, tanaman dolar telah menyebar di seluruh dunia dan dijadikan tanaman penghias rumahan.

Visual yang Menarik

Salah satu dari keunikan tanaman hias dolar ini adalah daun dan batangnya yang menarik. Kedua hal inilah yang membuat banyak pecinta tanaman hias jatuh hati kepadanya. Tanaman dolar memiliki daun yang tumbuh sangat rapi dan sejajar.

Daunnya berukuran simetris dengan bentuk lonjong dan berujung runcing. Urat-urat daun terlihat pada permukaannya yang licin dan halus. Meskipun berukuran terbilang kecil, daun tanaman dolar nampak sangat hijau dan juga berair.

Saat melihat tanaman ini, Anda akan memuji betapa rapi dan teraturnya tanaman ini. Seperti barisan dedaunan yang ditata sedemikian rupa. Batangnya pun tak kalah unik. Ujung batang tanaman ini nampak membengkak. Semakin besar bagian bengkaknya, semakin mahal harga tanaman ini.

Memiliki Banyak Manfaat

Tanaman dolar merupakan tanaman hias yang ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini diketahui mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Berikut ini adalah manfaat dari tanaman dolar, yaitu :

  • Mengobati penyakit wasir
  • Membantu melancarkan sistem pencernaan
  • Berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan
  • Menyehatkan dan mengembalikan flora usus
  • Mengatasi diare
  • Membantu melancarkan buang air besar
  • Membantu menjaga daya tahan tubuh

Tanaman Hias Ideal untuk Dekorasi Rumah

Melihat betapa menariknya visual tanaman hias dolar, tidak heran banyak orang yang menggunakannya sebagai dekorasi rumah. Tanaman ini bisa diletakkan di dalam ataupun di luar ruangan.

Namun, jika ingin meletakkan tanaman ini di dalam rumah, setidaknya keluarkan sekali dalam dua atau tiga minggu. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari seperti di habitat aslinya. Anda bisa mengeluarkannya sejenak dan memasukkannya kembali.

Tidak Menyebabkan Leukimia

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, tanaman dolar tidak menyebabkan penyakit kanker, terutama leukimia. Tanaman ini memang mengandung oksalat yang bisa menyebabkan gatal dan iritasi kulit, namun sama sekali tidak menjadi pemicu kanker.

Itulah beberapa fakta menarik tentang tanaman hias dolar yang bisa Anda pelajari. Sekali lagi, belum ada jurnal kesehatan yang menyatakan bahwa tanaman dolar adalah pemicu kanker. Jadi, cukup aman jika Anda ingin memelihara tanaman ini di dalam ataupun luar rumah.

Leave a Reply

0
Scroll to Top