6 Jenis Tanaman Tropis yang Cocok di Lahan Indonesia

Indonesia berada di daerah khatulistiwa dan memiliki iklim tropis dengan musim hujan dan kemaraunya. Karena itulah, Anda akan membutuhkan beberapa jenis tanaman tropis berikut untuk membuat rumah jadi lebih asri dan teduh.

Tanaman yang Anda rawat di dalam atau luar rumah akan menghasilkan banyak oksigen sehat. Namun, tidak semua jenis tanaman bisa dirawat di tanah atau lahan rumah hunian Indonesia. Sebelum Anda memutuskan memilih jenis tanamannya, mari kita lihat tanaman apa sajakah yang cocok.

Jenis Tanaman Tropis yang Sesuai dengan Iklim Tanah Air

Setiap negara memiliki kondisi tanah dan iklim yang berbeda-beda satu sama lain. Hal ini berpengaruh pada jenis tanaman apa saja yang bisa tumbuh subur dan baik di sana. Tidak terkecuali tanah air kita.

Dengan iklim tropisnya, Indonesia sanga cocok dengan beberapa jenis tanaman tropis berikut. Anda bisa menggunakan tanaman-tanaman ini dan menjadikan rumah hunian lebih hijau dan asri. Diantaranya adalah :

1. Pohon Palem

Pohon palem yang paling tepat untuk daerah tropis adalah jenis palem hias. Selain ukurannya yang lebih mungil dari palem pada umumnya, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik pada suhu 20 sampai 35 derajat celcius. Suhu normal untuk wilayah Indonesia.

Pohon palem akan membuat rumah hunian jadi nampak lebih asri dan rindang. Jari jemari dedaunannya yang lebar memberikan keteduhan dan hawa lebih sejuk. Selain itu, tanaman ini juga terbilang mudah perawatannya. Cocok bagi Anda yang sibuk.

2. Bunga Melati

Bunga melati merupakan jenis tanaman hias yang paling banyak kita temui di sekitar. Baik yang ditanam dengan sengaja atau yang tumbuh liar, tanaman ini bisa berkembang dengan sangat subur dan sehat.

Melati termasuk dalam jenis tanaman semak yang merambat. Batangnya kecil dengan bunga berwarna putih yang mengeluarkan aroma wangi. Tidak heran jika tanaman ini ditanam di rumah akan membuat wangi area sekitarnya.

3. Geranium

Bunga geranium juga termasuk jenis tanaman tropis yang bisa tumbuh dengan subur di tanah Indonesia. Tanaman ini membutuhkan setidaknya 6 jam penyinaran setiap harinya. Kebutuhan asupan air juga tidak terlalu banyak dan mudah perawatannya.

Geranium banyak ditanam di sekitar rumah karena sangat efektif mengusir nyamuk. Tanaman ini memiliki banyak variasi warna bunga yang menawan seperti merah, kuning, ungu hingga putih. Cocok sekali untuk memperindah taman rumah Anda.

4. Bunga Kamboja

Bunga yang satu ini memang sering ditemui di daerah pemakaman. Meskipun demikian, kini banyak yang juga mengoleksinya di sekitar halaman rumah. Ini karena bunga kamboja merupakan jenis tanaman yang sangat mudah tumbuh. Warna bunganya pun cukup indah untuk menghias halaman rumah.

5. Bougenville

Salah satu jenis tanaman tropis yang juga sangat tepat untuk mempercantik rumah adalah bunga bougenville. Bunga dengan kelopak seperti kertas ini memiliki warna-warni yang menarik dan cantik.

Bougenville adalah tanaman yang tahan panas dan tidak memerlukan banyak air. Mereka bisa tumbuh dengan mudah dimana saja dan tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Saat bunga tanaman ini bermekaran, halaman rumah Anda akan nampak cantik sekali.

6. Pohon Cemara Kipas

Jenis tanaman untuk daerah tropis ini kebanyakan memang ditemukan di daerah pegunungan. Namun kini, Anda bisa merawatnya di halaman rumah juga. Pohon cemara kipas bisa menjadi pohon yang cantik dengan daun hijau tuanya yang membentuk kipas. Sangat tepat untuk ditanam di lahan yang terbatas.

Itulah 6 jenis tanaman tropis yang bisa Anda pilih untuk menghias halaman atau rumah Anda. Tanaman-tanaman tersebut memiliki kesamaan yaitu tidak membutuhkan banyak asupan air dan tahan panas. Sangat cocok dengan lahan hunian di Indonesia. Selamat berkebun.

Leave a Reply

0
Scroll to Top