5 Jenis Tanaman Peneduh yang Paling Cocok Ditanam di Halaman Rumah

Enggak betah dengan suasana rumah yang panas dan membuat gerah? Mungkin kini saatnya Anda memberikan beberapa jenis tanaman peneduh untuk membuat rumah lebih adem dan asri. Tanaman peneduh selain bisa mendinginkan area sekitar rumah, juga menjadi sumber oksigen yang baik untuk tubuh. Tanaman peneduh akan membuat Anda dan keluarga lebih betah dan senang berada di dalam rumah. Yuk, kita cek bersama apa saja jenis tanaman yang paling tepat dan cocok untuk dijadikan peneduh di rumah.

Jenis Tanaman Peneduh yang Membuat Rumah jadi Lebih Sejuk

Menanam tanaman di rumah selain menjadi hobi juga akan menjadikan rumah Anda nampak teduh dan lebih segar. Kehadiran tanaman ini tidak kalah cantik dengan berbagai perabot atau furnitur yang Anda jadikan dekorasi.

Jika Anda ingin rumah jauh lebih asri dan teduh, tambahkan beberapa batang pohon tanaman peneduh di halaman. Hasilnya, bisa Anda rasakan sendiri bagaimana kesejukannya terasa hingga ke dalam rumah.

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman peneduh yang paling cocok untuk diletakkan di halaman rumah. Diantaranya adalah :

1. Pohon Mangga

Mangga adalah jenis tanaman yang sangat mudah dirawat dan dibesarkan. Tanaman ini cepat bertumbuh dengan daun yang banyak dan rindang. Sangat tepat sekali jika Anda meletakkan di halaman depan atau samping rumah.

Selain rindang dan teduh, pohon mangga juga akan memberikan hasil sampingan yaitu buahnya yang manis dan bergizi. Dengan perawatan yang tepat, Anda bisa memanen buah mangga hingga tiga atau empat kali dalam satu tahun.

2. Pohon Kersen

Bagi Anda yang memiliki halaman rumah berukuran minimalis, silahkan tanam pohon kersen disana. Penanamannya mudah dan tidak membutuhkan banyak perawatan dan tempat yang luas.

Jenis tanaman peneduh ini tumbuh dengan cepat dengan batang pohon yang membentang menyerupai payung. Pohon ini juga menghasilkan buah yang berukuran kecil dan manis rasanya.

3. Pohon Angsana

Jenis pohon peneduh yang satu ini bisa dikatakan pohon yang cukup besar. Sangat tepat jika ditanam di area yang luas seperti tepi jalan atau rumah dengan halaman lebar. Pohon angsana memiliki daun yang lebat dengan bunga berwarna kuning menarik.

Selain dapat meneduhkan area rumah, pohon ini memiliki keunikan tersendiri. Yaitu, saat bunga bermekaran, seluruh permukaan pohon ini akan diselimuti warna kuning cerah. Hal ini akan menjadi pemandangan yang sangat menarik untuk dinikmati.

4. Pohon Kiara Payung

Pohon peneduh selanjutnya adalah kiara payung yang berasal dari Afrika Timur dan India Selatan. Tanaman yang satu ini memiliki daun berbentuk seperti kipas lebar jika dilihat dari sekilas. Daunnya tumbuh dengan sangat rimbun dan lebat.

Salah satu kelebihan pohon kiara payung adalah kemampuannya menyerap karbon dioksida dengan sangat baik. Itulah mengapa pohon ini sangat cocok untuk dijadikan pohon peneduh di halaman rumah.

5. Pohon Pucuk Merah

Jenis tanaman peneduh terakhir yang bisa Anda tanam di halaman rumah adalah pucuk merah. Tanaman ini tergolong sebagai tanaman yang sangat cepat pertumbuhannya. Pohon pucuk merah memiliki dua warna daun yaitu merah dan hijau.

Pucuk merah dapat dipergunakan sebagai tanaman hias saat ukurannya masih kecil dan menjadi tanaman peneduh saat sudah tinggi. Tanaman ini sangat cocok diletakkan di halaman karena daunnya yang lebat dan mendinginkan.

Itulah 5 jenis tanaman peneduh yang bisa Anda tanam untuk menghijaukan area rumah Anda. Jangan biarkan rumah menjadi gersang dan panas sehingga membuat penghuninya kurang betah. Tanaman-tanaman ini pun sangat mudah didapatkan di toko-toko pertanian terdekat. Selamat berkebun.

Leave a Reply

0
Scroll to Top