7 Inspirasi Rak Tanaman untuk Mempercantik Dekorasi Rumah Anda

Berkebun adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan dan seringkali menjadikan kita lupa waktu. Apalagi jika memiliki banyak inspirasi rak tanaman beserta tanamannya yang bisa membuat dekorasi rumah nampak lebih menarik. Rak tanaman memang hanya benda tambahan dalam kebun. Namun, kehadiran rak-rak ini justru akan membuat penampilan kebun jadi lebih tertata dan menarik. Jika Anda belum memiliki inspirasi mengenai bentuk dan tampilan rak tanaman, berikut ini bisa dijadikan pertimbangan.

Contoh Inspirasi Rak Tanaman yang Simple namun Menarik

Meskipun Anda memiliki beragam tanaman dengan bentuk dan warna yang indah, namun jika tidak tertata rapi malah akan mengurangi keindahannya. Oleh sebab itu, dibutuhkan rak tanaman untuk membuatnya lebih teratur dan nampak terorganisir dengan baik.

Berikut ini adalah inspirasi rak tanaman yang mudah dibuat, sederhana namun tetap menarik. Diantaranya adalah :

1. Rak Tangga Bertingkat

Rak yang pertama adalah dengan bentuk seperti tangga bertingkat. Anda bisa meletakkan tanaman hias dengan berundak-undak sehingga semua bagian tanaman nampak dengan jelas.

Rak tangga bertingkat ini akan membuat dekorasi tanaman hias nampak dominan. Apalagi jika perabot di rumah Anda didominasi perabot besar dengan warna-warna netral seperti putih dan cream.

2. Rak dari Tangga Kayu Segitiga

Inspirasi rak yang kedua adalah menggunakan tangga kayu berbentuk segitiga. Anda bisa meletakkan papan kayu diantara dua kaki tangga sebagai tempat meletakkan tanaman hias. Rak tangga ini terlihat biasa namun setelah diisi dengan berbagai tanaman akan nampak luar biasa.

3. Rak Gantung

Bagi Anda yang memiliki lahan berkebun minimalis, gunakan inspirasi rak tanaman model gantung untuk mengurangi pemakaian tempat. Letakkan tanaman-tanaman yang menjulur supaya terlihat lebih hidup dan menarik.

4. Rak Dinding

Anda juga bisa menggunakan rak kayu yang ditempel pada dinding. Meskipun model rak seperti ini sudah sangat umum, namun akan selalu terlihat mempesona saat dipandang. Tanaman-tanaman hias berbaris rapi dan cantik memenuhi setiap baris rak.

5. Rak dari Barang Bekas

Jika Anda tidak mau repot harus membuat rak, Anda bisa memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah. Contohnya seperti sepeda tua yang sudah tidak dipergunakan. Cukup dengan memolesnya sedikit saja, Anda sudah bisa mendapatkan rak tanaman yang menarik.

Letakkan rak sepeda ini di bagian rumah yang menonjol. Rak ini akan terlihat semakin menarik dengan beberapa tanaman hias yang diletakkan di dalamnya. Selain sepeda bekas, Anda juga bisa menggunakan rak sepatu bekas, rangka mesin jahit dan lain sebagainya.

6. Rak Rangka Besi

Rak tanaman dari rangka besi adalah rak yang sedang populer sekarang ini. Ada banyak model dan bentuk. Bentuk-bentuk yang cukup populer adalah bershaf atau bertingkat, berbentuk segi banyak dan lain sebagainya.

Anda cukup menyesuaikan dengan ketersediaan ruangan di dalam atau di luar rumah. Intinya adalah mencocokkan bagaimana inspirasi rak tanaman ini agar sesuai dengan kebutuhan dan space yang Anda miliki.

7. Rak Sudut

Model rak yang terakhir adalah rak bertingkat yang diletakkan di sudut ruangan. Sudut ruangan merupakan tempat yang sering kali terlupakan dan tidak diperhatikan. Oleh sebab itu, sangat tepat jika Anda meletakkan rak tanaman di sana.

Selain untuk mempercantiknya, rak tanaman sudut akan membuat pot-pot bunga Anda terlihat lebih padat dan rimbun. Ini cocok bagi Anda yang koleksi tanaman hiasnya masih terbatas atau belum terlalu banyak.

Itulah 7 inspirasi rak tanaman yang bisa Anda pergunakan. Satu hal yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan ukuran rak dengan ukuran bunga. Jangan memilih rak yang terlalu besar untuk diisi dengan tanaman kecil, begitu pula sebaliknya. Keindahan dekorasi tanaman hias akan semakin menonjol ketika tertata rapi dengan rak. Selamat mencoba.

Leave a Reply

0
Scroll to Top