Tanaman Hias Depan Rumah yang Direkomendasikan untuk Rumah Minimalis

Halaman depan rumah menjadi salah satu sudut yang paling diperhatikan oleh pemilik rumah. Mereka mencoba mendekorasinya seindah mungkin dengan meletakkan beberapa tanaman hias depan rumah. Banyak pilihan tanaman hias yang bisa diletakkan di sana, namun apakah semuanya cocok untuk menambah keasrian dan kealamian rumah? Tidak semua tanaman hias bisa diletakkan di sana. Ukuran, warna, dan karakter tanaman harus diperhatikan supaya suasana yang diinginkan dapat tercapai.

7 Tanaman Hias Depan Rumah untuk Nuansa Rumah Alami dan Asri

Rumah yang berukuran kecil atau yang biasa dikenal dengan istilah minimalis umumnya memiliki ukuran halaman depan yang terbatas. Karena itu, jenis tanaman hias yang akan diletakkan di depan rumah harus diperhatikan dari bentuk dan ukurannya.

Tanaman hias depan rumah ini tidak disarankan memiliki bentuk terlalu besar. Hal ini akan mengakibatkan rumah nampak penuh. Namun ukurannya juga sebaiknya tidak terlalu kecil karena akan nampak kurang rimbun dan tidak asri.

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman hias dengan ukuran yang sangat tepat untuk jenis rumah minimalis. Diantaranya adalah :

1. Anggrek

Tanaman hias yang satu ini memang sudah populer sebagai tanaman hias untuk lahan sempit. Bunganya indah dan menawan serta bisa ditanam dengan cara digantung atau ditempelkan pada dinding. Meskipun ukurannya terbilang kecil, hadirnya tanaman anggrek akan membuat rumah nampak lebih cantik dan elegan.

2. Bougenville

Bunga yang satu ini bisa tumbuh besar jika dibiarkan begitu saja. Namun, bougenville juga bisa bertahan dengan ukuran kecil jika Anda rajin memangkas batangnya. Pastikan Anda memotong beberapa bagian tanaman supaya tidak tumbuh terlalu tinggi. Tanaman ini akan sangat indah ketika bunganya bermekaran sempurna.

3. Bambu Air

Salah satu pilihan tanaman hias depan rumah yang praktis adalah jenis bambu air. Tanaman hias ini terlihat semakin menarik saat tumbuh dalam barisan yang rapi. Umumnya, bambu air diletakkan di dalam pot supaya tumbuhnya seragam dan memberikan kesan rimbun.

4. Calathea

Tanaman hias yang satu ini memang belum banyak dikenal oleh para pencinta tanaman hias. Sekilas, daun Calathea nampak seperti daun kuping gajah dengan bentuk yang sedikit berbeda.

Keunggulan tanaman ini adalah pada warna daunnya yang menarik yaitu berwarna merah hati dan hijau putih. Ukurannya sedang sehingga sangat tepat untuk diletakkan di depan rumah berukuran minimalis.

5. Tanaman Keladi

Tanaman hias depan rumah minimalis selanjutnya adalah jenis tanaman keladi. Daunnya berukuran sedang dengan bentuk menyerupai simbol hati. Warna daunnya terdiri dari tiga bagian yaitu hijau, putih dan merah. Kombinasi ini membuat tanaman keladi terlihat manis dalam sebuah halaman rumah.

6. Lily Paris

Bagi yang tidak tahu, tanaman ini mungkin hanya akan dianggap rumput liar saja. Tapi, lily paris memiliki bentuk yang menarik jika Anda amati lebih seksama. Daunnya panjang dan tajam seperti pedang dengan warna hijau dan putih pada tepinya.

Lily paris bisa diletakkan secara langsung di tanah atau ditanam di dalam pot. Semakin rimbun tanaman ini, semakin cantik penampilannya. Ukurannya terbilang kecil namun bisa tumbuh memanjang seiring waktu.

7. Aglonema

Aglonema-Moonlight-star-farm

Nampaknya, tanaman aglonema masih menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Tanaman ini hampir bisa ditemui di setiap rumah, apalagi rumah berukuran kecil. Hadirnya aglonema akan menjadi sumber keindahan tersendiri.

Tujuh tanaman hias depan rumah tersebut akan membantu meningkatkan suasana asri dan sejuk di halaman rumah. Anda bisa memadukannya dengan jenis tanaman lain supaya terlihat lebih heterogen. Rumah mungil bukan alasan untuk berkebun, justru dengan ukuran yang terbatas, pengaturan taman akan jauh lebih mudah.

Leave a Reply

0
Scroll to Top