7 Jenis Tanaman Hias Akuarium Untuk Dekorasi Aquascape

Seorang pecinta ikan hias, tentu memiliki sebuah akuarium sebagai tempat berkembang biak ikan kesayangan. Agar ikan kesayangan merasa nyaman dan tidak stress tinggal di akuarium, dibutuhkan sebuah kemampuan aquascape.

Dekorasi akuarium ini tentu membutuhkan sebuah tanaman hias akuarium. Pemilihan tanaman yang tepat akan membuat tampilan akuarium menjadi semakin epic.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Akuarium

Jenis-jenis tanaman aquascape ini pun beragam, mulai dari harga terendah hingga tertinggi. Adapula tanaman aquascape yang mudah diurus hingga sulit diurus.

Bagi Anda yang hendak memberi tanaman aquascape untuk akuarium Anda. Berikut disajikan informasi mengenai jenis-jenis tanaman hias aquascape:

1. Amazon Sword

Amazon Sword merupakan salah satu tanaman air yang cocok digunakan sebagai background plants pada akuarium. Bentuk dari Amazon Sword ini berbentuk seperti rerumputan liar yakni satu batang dan daunnya menjulur ke atas. Namun bentuk daunnya beragam ada yang lebar ada juga yang sempit dan panjang.

2. Jungle Vallisneria

Tanaman hias satu ini termasuk salah satu dari varietas tanaman Tapegrass. Biasanya Jungle Vallisneria ini dimanfaatkan untuk yang memiliki ikan hias pemalu. Pasalnya tumbuhan ini bisa menjulang tinggi hingga melebihi tinggi akuarium

3. Anubias Nana

Tanaman hias akuarium yang berasal dari keluarga Anubias ini memiliki bentuk daun yang kecil. Jenis tanaman ini berasal dari Nigeria Timur, Afrika Barat dan sekitarnya.

Seiring berkembangnya zaman, tanaman ini kini telah tersebar luas di seluruh penjuru dunia. Anubias Nana dianggap kurang cocok untuk pemula, karena perawatannya yang cukup sulit. Sang pemilik harus telaten dalam mengganti air dalam akuarium agar tanaman ini tumbuh dengan baik.

4. Java Fern

Java Fern dikenal juga dengan sebutan Pakis Lidah, tanaman ini cocok untuk jenis ikan-ikan kecil akuarium. Tanaman Java Fern hidup dengan bergerombol diatas tompangan batang yang melekat pada bebatuan.

Tanaman hias satu ini tergolong mudah didapat dengan harga relative murah. Meski demikian daunnya yang cukup rimbun bisa mempercantik latar akuarium. Perawatan dari Pakis Lidah ini tidak sulit, karena tanaman ini bisa tumbuh tanpa adanya CO2, asalkan tetap terkena sinar.

5. Cryptocoryne Wendtii

Tanaman Cryptocoryne Wendtii ini memiliki warna yang variatif. Mulai dari merah, hijau, coklat, dan juga berbagai kombinasi dari ketiga warna tersebut.

Tanaman hias akuarium yang berasal dari Sri Lanka ini membutuhkan perawatan khusus agar tidak mudah layu. Tumbuhan cantik ini cocok untuk akuarium berukuran kecil sekitar 15 cm tingginya. Bentuk daun dari cryptocoryne ini membentang ke bawah.

6. Pygmy Chain Sword

Pygmy Chain Sword merupakan tanaman hias aquascape yang bisa dimanfaatkan oleh pemula maupun ahli dalam dekorasi akuarium.

Pasalnya tanaman ini menjadi tanaman wajib dalam akuarium yang diletakkan pada tepi akuarium. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan segala kondisi air baik deras maupun air tenang.

7. Water Wisteria

Tanaman satu ini berbeda dengan tanaman hias aquascape lainnya. Water Wisteria memiliki bentuk daun yang unik dan menarik seperti partikel salju.

Tanaman yang berasal dari Nepal ini bisa tumbuh subur jika suhu air berada pada 18-25 derajat Celcius. Hebatnya lagi Water Wisteria selain unik juga kuat terhadap segala macam kondisi dan juga memberikan kesan akuarium tertutup karpet hijau.

Dari ketujuh tanaman hias akuarium di atas, Anda bisa mensettingnya untuk dijadikan sebagai background plants, midground plants, ataupun foreground plants. Tanaman hias aquascape ini akan mempercantik tampilan akuarium dan menyehatkan ikan yang tumbuh di dalamnya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top