8 Jenis Tanaman Hias Air Untuk Indoor Dan Outdoor

Memelihara tanaman hias air dapat menjadi salah satu variasi untuk menghias rumah. Selain terlihat lebih unik, hal ini akan menjadikan rumah Anda semakin terlihat segar dan variatif. Selain tanaman tersebut diletakkan di kolam, ada juga beberapa tanaman yang bisa hidup dengan media tanam air di dalam pot gelas kaca. Metode menanam dengan media air ini cocok bagi Anda yang tidak mau terlalu repot menyiram tanaman setiap hari.

Jenis Tanaman Hias Air

Ada banyak jenis tanaman air yang menarik dan dapat dijadikan sebagai pilihan. Beberapa tanaman tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Bunga Teratai

Bunga teratai bisa dibilang sebagai primadonanya tanaman hias air yang cantik dan menarik. Anda dapat meletakannya di kolam agar terlihat lebih cantik dan menarik. Biasanya jenis tanaman ini dapat mencapai ukuran yang besar dengan daun dan bunga yang lebar pula.

2. Bunga Paperwhites

Bunga ini dikenal dengan nama bunga kertas karena bunganya yang mirip dengan kertas. Anda dapat menanamnya dengan mudah hanya dengan memasukannya ke dalam vas yang sudah di isi dengan air. Agar dapat tumbuh dengan baik dan maksimal, Anda harus rajin mengganti airnya tiga hari sekali.

3. Bunga Amazon Lily

Bunga amazon lily ini cocok juga untuk dijadikan sebagai penghias kolam atau taman air di rumah Anda. Ukuran daun dan tanamannya sangat besar sehingga akan membuat rumah Anda terlihat lebih menarik.

4. Bunga Hyacinth Air

Masih bingung menentukan tanaman untuk menghias kolam di rumah Anda? Bunga hyacinth air dapat dijadikan sebagai solusinya. Bentuk batang pohon ini mirip dengan enceng gondok namun hanya bisa ditanam di dalam kolam yang bagian atasnya memiliki atap. Bunga ini tidak terlalu tahan dengan panas matahari sehingga membutuhkan naungan. Bunga yang dihasilkan tanaman ini mirip dengan bunga lavender yang berwarna pucat namun terlihat sangat indah.

5. Bunga Lili Air

Ingin tanaman hias air yang berbunga indah? Pilihlah bunga lili air yang sangat menarik bunganya. Bila Anda amati, bunga lili air terlihat indah dan sangat manis untuk menghias rumah. Ada beberapa warna yang bisa Anda jadikan pilihan, diantaranya adalah kuning, cream, orange, biru dan merah muda. Bunga ini akan mekar pada pagi hari dan di sore hari bunganya akan kembali menguncup lagi.

6. Bunga Cattail

Walaupun bunga cattail ini tidak terlihat menarik seperti bunga yang lainnya, namun tanaman ini akan menambah kesan unik untuk hiasan rumah Anda. Biasanya tanaman ini tumbuh di sepanjang tepian sungai, danau atau kolam dan Anda dapat menggunakannya untuk mempercantik kolam di rumah Anda.

7. Sirih Gading

Jika Anda ingin mencari tanaman hias air untuk diletakkan di indoor, pilihlah tanaman sirih gading. Selain dapat tumbuh dengan cepat dan tidak sulit dalam merawatnya, tanaman ini juga dapat tumbuh dengan cepat. Anda cukup meletakkannya di dalam vas yang berisi air saja. Sangat simple dan tidak memakan banyak tempat.

8. Janda bolong

Tanaman ini memiliki daun yang bolong sehingga terlihat sangat unik dan cocok dijadikan sebagai hiasan indoor. Daunnya yang hijau akan membuat ruangan Anda terlihat semakin segar dan sejuk. Tanaman ini mudah sekali tumbuh walaupun hanya dalam media air sehingga tidak merepotkan. Anda juga dapat menambahkan ikan di dalam vas agar terlihat lebih lucu dan menarik.

Ternyata ada banyak pilihan tanaman hias air yang bisa Anda jadikan pilihan. Semuanya tergantung selera dan kebutuhan Anda. Pastikan untuk mengganti media airnya agar tetap terjaga dengan baik dan tidak menjadi sarang nyamuk. Semoga menginspirasi dan memberikan banyak ide untuk Anda dalam menghias rumah dengan tanaman.

Leave a Reply

0
Scroll to Top