Cara Merawat Tanaman Hias Mudah dan Efektif

Merawat tanaman merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh pemiliknya. Anda harus memahami bagaimana cara merawat tanaman hias dengan baik agar si tanaman bisa tumbuh dengan subur dan sehat. Nyatanya, banyak sekali orang yang suka membeli tanaman hias tanpa merawatnya di kemudian hari bukan?

Padahal, kunci dari keindahan tanaman hias adalah bagaimana si pemilik bisa merawatnya dengan baik. Ada yang merasa bosan dan kemudian malas mengurusnya. Ada pula yang mengatakan tidak sempat. Akhirnya, tanaman pun akan menjadi terbengkalai. Sebenarnya, ada beberapa tips merawat tanaman hias dengan mudah dan efektif.

5 Cara Merawat Tanaman Hias Paling Efektif

Bagi Anda yang memiliki tanaman hias di rumah, jangan pernah malas merawatnya ya. Tanaman akan bertunas bahkan berbunga jika dirawat dengan baik dan sepenuh hati. Berikut beberapa cara untuk merawat tanaman hias di rumah.

1. Siram dengan tepat

Hal yang paling dibutuhkan tanaman setiap harinya adalah air. Oleh karena itu, cara merawat tanaman hias yang tidak boleh kamu lupakan adalah menyiramnya dengan tepat. Ada tanaman tertentu yang membutuhkan air sedikit, dan ada pula yang banyak.

Kadar penyiraman air bisa ditentukan dari jenis tanaman yang Anda miliki. Umumnya, tanaman tidak masalah jika tidak disiram sesering mungkin. Namun agar tetap segar, Anda bisa membasahi saja. Semprot menggunakan botol spray setiap hari. Jadi, tanaman tidak akan layu bahkan kering.

2. Ganti pot

Sama saja dengan seseorang yang selalu Nampak cantik atau tampan menggunakan baju baru, begitu pula dengan tanaman. Sesekali, Anda perlu melakukan re potting. Mengganti pot akan membuat Anda merasa senang dan tidak bosan dengan tanaman tersebut.

Sembari mengganti pot, Anda juga bisa melakukan penggantian tanah. Jadi, tanaman akan lebih segar dan fresh. Jangan lupa, campurkan tanah dengan sekam agar menjadi lebih lembab.

3. Tempatkan di tempat yang terkena sinar matahari

Tanaman merupakan salah satu mahluk Ciptaan Tuhan yang juga membutuhkan sinar matahari. Jadi kalau Anda memiliki tanaman yang ditempatka di dalam ruangan alias indoor, sesekali bawalah tanaman tersebut untuk sunbathing. Ini merupakan cara merawat tanaman hias yang harus diingat dengan baik

Tanaman hijau membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk melakukan fotosintesis. Jadi, tanaman akan tetap segar dan tidak lesu. Namun, jangan keseringan menjemurnya. Ini akan membuat tanaman menjadi kepanasan/ terbakar. Anda bisa melihat daunnya ketika daun pada tanaman tersebut berwarna sedikit kecokelatan.

4. Bersihkan daunnya menggunakan minyak daun

Jika Anda adalah penggemar tanaman yang didominasi dengan daun, maka minyak daun sangatlah dibutuhkan. Ini bukanlah sesuatu hal yang berlebihan dalam merawat tanaman. Pasalnya, minyak daun memang berfungsi untuk membuat daun menjadi ternutrisi sekaligus membuat penampilannya menjadi semakin mengkilap.

Namun, Anda butuh waktu yang cukup untuk mengelap daunnya satu per satu. Oleh karena itu, lakukan saja di waktu luang. Menggunakan minyak daun sangat efektif untuk mengelap tanaman berdaun lebar.

5. Memberikan pupuk

Pupuk merupakan nutrisi bagi tanaman. Tanaman akan menjadi kurus dan tidak subur jika tidak diberikan pupuk. Anda bisa memberikan pupuk secara cukup dan tidak berlebihan. Jadi, tanaman akan tumbuh dengan baik dan bisa menjadi penghias di rumah dan indah.

Merawat tanaman tidaklah sulit dilakukan. Anda bisa memulainya dari sekarang. Jangan hanya rajin membelinya saja. Namun, rawatlah dengan baik. Nah, cara merawat tanaman hias manakah yang belum Anda lakukan? Yuk rawat tanaman dengan baik dan bijak.

Leave a Reply

0
Scroll to Top