fbpx

Tak Hanya Enak Dimakan, Ini Dia Sederet Manfaat yang Dapat Dirasakan dari Pepaya

Tahu gak sih kalo pepaya itu adalah salah satu buah lokal yang sangat mudah di jumpai di Indonesia?. Buah yang berwarna kuning dan memiliki biji hitam yang banyak ini sangat manis ketika dimakan. Tentu saja buah ini cukup jarang ditemukan di luar negeri. Cukup banyak jenis pepaya yang terkenal di Indonesia, salah satunya yaitu pepaya California.

Pepaya California memiliki bentuk yang cukup kecil di banding pepaya biasa, tetapi memiliki rasa yang lebih manis diantara jenis lainnya. Meskipun Namanya pepaya California, perlu diketahui bahwa jenis ini bukan berasal dari California, melainkan 100% varietas lokal. Ya, papaya California ini merupakan penelitian murni dari salah satu Guru Besar di IPB sejak tahun 2001 dan sudah dipatenkan pada tahun 2010.

Images Via Halodoc.com

Tidak hanya memiliki rasa yang manis, papaya juga memiliki segudang manfaat yang dapat menyehatkan tubuh. Salah satu manfaat yang sudah banyak diketahui yaitu dapat melancarkan pencernaan. Selain dapat melancarkan pencernaan, masih banyak manfaat lain. coba simak beberapa manfaat dari papaya untuk kesehatan tubuh.

Mengontrol kadar gula darah

Meskipun memiliki rasa yang manis, akan tetapi papaya ternyata mengandung indeks glimik yang cukup rendah. Karena itu, buah ini dapat mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Penderita penyakit Diabetes Melistus tidak perlu takut untuk memakan papaya ini.

Dapat menyehatkan mata

Kesehatan mata merupakan hal yang perlu diperhatikan, karena merupakan hal yang penting. Zat Lutenin dan Zeaksatin merupakan antoksidan yang bisa menjaga kesehatan mata. Zat-zat tersebut ditemukan dalam buah pepaya, karena itu mengonsumsi papaya dapat berguna untuk menjaga kesehatan mata.

Dapat menyehatkan kulit

Selain dapat memperlancar pencernaan dan juga menyehatkan mata, manfaat lain dari pepaya yaitu untuk menyehatkan kulit. Pepaya memiliki banyak kandungan nutrisi, salah satunya yaitu Vitamin C dan Vitamin A. Vitamin C dapat berfungsi untuk membantu menghasilkan kolagen untuk mengurangi keriput di kulit. Selain itu juga terdapat enzim papain yang bisa melembutkan kulit.

Beberapa manfaat lain dari buah ini yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, menyehatkan rambut dan kuku, dan juga mengurangi risiko penyakit kanker. Wah banyak sekali ya manfaat dari buah papaya ini.

Leave a Reply

0
Scroll to Top