Simak! 5 Daun-daunan Pewangi Masakan

suka memasak makanan khas indonesia?. Untuk membuat masakan enak tentunya dibutuhkan bumbu-bumbu penyedap masakan. Sama halnya dengan wangi-wangian. Ketika menginginkan masakan yang beraroma khas diperlukan bahan yang dapat mengharumkan masakan, atau juga untuk menghilangkan bau pada bahan masakan. Berikut ini ada 5 jenis daun-daunan yang memiliki aroma yang pas untuk melengkapi masakan.

Daun jeruk

Tidak hanya buahnya, pohon jeruk juga memiliki daun yang bisa dimanfaatkan untuk memasak. Buah atau daun jeruk bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada masakan. Wangi yang khas yang dimilikinya sulit untuk digantikan oleh yang lain. Daun jeruk biasa digunakan pada masakan berdaging atau juga bisa ditemukan pada rempeyek dengan daun yang dipotong-potong.

image via sehatq.com

Daun salam

Dalam masakan nusantara, daun salam merupakan rempah pengharum masakan yang banyak digunakan. Daun salam biasanya digunakan dalam keadaan kering ataupun segar secara utuh. Beberapa masakan yang menggunakan daun salam seperti sayur, ikan, danging dan bisa juga sebagai pelengkap memasak nasi. Daun salam memiliki aroma khas herbal yang cocok untuk mengharumkan masakan.

image via merdeka.com

Kemangi

Selain dijadikan sebagai lalapan, daun kemangi bisa dijadikan sebagai pengharum masakan. Biasanya daun kemangi ditemukan pada pepes-pepesan karena berfungsi sebagai penghilang bau dari ikan atau ayam yang di pepes. Aromanya yang kuat dan terasa sedikit pedaslah yang membuat ia bisa menghilangkan bau amis.

image via blibli.com

Seledri

Daun seledri sangat terkenal, karena sering berada di dalam banyak masakan. Contohnya saja di dalam bakso atau bubur yang digunakan sebagai taburan di atasnya. Seledri dipakai agara dapat mengharumkan makakan yang dibuat. Aroma wangi dari daun seledri ini lah yang bisa mengeluarkan aroma yang sedap dan harum untuk masakan.

image via alodokter.com

Daun ketumbar

Sering disamakan dengan daun seledri, daun ini ternyata memiliki bentuk dan rasa yang berbeda dengan daun seledri. Perbedaanya terlihat pada bentuk dan juga warnanya yang lebih terang dibanding dengan daun seledri. Pastinya daun ini bisa dijadikan sebagai pengharum dan juga sebagai penyedap masakan.

image via cnnindonesia.com

Kelima daun-daunan tadi bisa dipilih untuk mengharumkan masakan yang dibuat. Tentunya dengan menyesuaikan  masakan dan daun yang cocok sebagai pengharumnya. Nah setelah mengetahui daun-daunan tadi pastikan masakan yang dibuat tidak lagi berbau amis atau bau bau lain yang tidak mengenakan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top