Inilah! Ulasan Seputar Belimbing Wuluh Dalam Segi Kesehatan

Belimbing sayur atau masyarakat sering menyebutnya belimbing wuluh adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dari keluarga Oxalidaceae. Bagian buahnya memiliki rasa yang khas sekali yaitu asam kecut segar. Bentuknya bulat oval berwarna hijau muda cerah mengandung banyak air.

Memiliki nama latin Averrhoa bilimbi orang Indonesia biasa memanfaatkannya sebagai penguat rasa asam segar alami pada berbagai macam hidangan. Selain itu warga Jawa Barat sering mengolah belimbing wuluh menjadi suatu makanan yaitu rujak coel.

Hasil gambar untuk belimbing wuluh hd
image via putratani.com

Dibalik rasa asamnya buah ini ternyata mempunyai kandungan yang sangat baik bagi kesehatan dan tubuh manusia. Belimbing wuluh mengandung mineral, protein, serta vitamin jadi sudah tidak diragukan lagi oleh sebagian orang buah satu ini menjadi salah satu buah alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh.

Inilah berbagai macam contoh manfaat buah belimbing wuluh

1. Mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan gigi

Belimbing wuluh mempunyai kandungan kalsium sangat tinggi. Selain itu juga buah ini mengandung fosfor mineral yang berguna untuk menambah efektivitas dan menambahkan kepadatan pada bagian gigi dan tulang. Jadi buah satu ini sangat cocok sebagai alternatif untuk menguatkan tulang serta menjaga kesehatan pada gigi.

2. Mengatasi tekanan darah tinggi

Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bisa menyebabkan stroke hingga serangan jantung. Belimbing wuluh bisa menjadi salah satu buah alternatif untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Caranya cukup siapkan beberapa buah belimbing wuluh, lalu iris menjadi 3 bagian masukan ke dalam air rebusan mendidih. Rebus selama 15-20 menit lalu saring air rebusan jika sudah tidak terlalu panas, minum air rebusan pada saat kondisi masih hangat dan lakukan secara rutin setiap hari hingga tekanan darah tinggi menurun.

3. Mengatasi jerawat

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang muncul pada area wajah yang bisa membuat mengurangi kepercayaan diri seseorang. Berbagai macam usaha cara dilakukan oleh sebagian orang agar jerawat tersebut bisa diatasi, belimbing wuluh bisa menjadi salah satu alternatif alami untuk mengatasinya.

Buah ini mengandung asam oksalat dan zat antioksidan yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Caranya mudah cukup siapkan beberapa buah belimbing wuluh, lalu cuci dan bersihkan. Setelah itu iris dan haluskan menggunakan blender. Setelah di blender tinggal oleskan pada bagian wajah seperti menggunakan masker wajah terutama pada bagian tumbuh jerawat. Kalian bisa menggunakan cara alami ini dengan rutin setiap minggunya.

4. Mencegah sariawan

Belimbing wuluh mempunyai kandungan vitamin yang tinggi terutama vitamin C. Vitamin C sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh manusia terutama mulut. Mengkonsumsi belimbing wuluh secara rutin setiap minggunya dapat menjaga metabolisme tubuh dan mencegah penyakit sariawan. Bisa dikonsumsi secara langsung, dibuat jus, atau pun hidangan lainnya seperti rujak.

5. Memperkuat imunitas tubuh

Disaat pandemi seperti ini menjaga imunitas tubuh sangatlah penting. Berbagai macam cara setiap orang pasti akan dilakukan agar kesehatan selalu tetap terjaga. Dengan cara membeli vitamin atau suplemen makanan di apotik adalah salah satu cara yang praktis dan banyak digunakan oleh setiap orang.

Belimbing wuluh mungkin bisa menjadi alternatif dalam soal menjaga imunitas tubuh. Kandungan mineral, protein serta vitamin di dalamnya sudah tidak diragukan lagi. Buah ini mengandung fosfor serta vitamin C yang dapat menambah stamina serta menjaga kekebalan tubuh. Bisa menjadi alternatif alami disaat masa pandemi seperti ini.

Nah itulah ulasan seputar belimbing wuluh, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang belimbing wuluh. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah!

(Giovani/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top