fbpx

Si Lebah Kecil yang Punya Banyak Manfaat

Si kecil ini namanya trigona. Trigona merupakan lebah madu yang sering dibudidaya oleh masyarakat. Ukuran tubuh trigona ini lebih kecil dibandingkan lebih pada umumnya. Selain itu, trigona juga merupakan lebah yang tidak memiliki sengat. Jadi dianggap tidak berbahaya dan bukan ancaman. Trigona juga lebih tertarik pada bunga-bunga berukuran kecil. Ukuran tubuhnya yang kecil memudahkannya masuk ke dalam bunga-bunga tersebut.

image via Kompasiana.com

Karakter Sarang Trigona

Trigona secara alami membuat sarangnya di lubang-lubang pohon. Terkadang juga dalam lubang bambu dan celah-celah dinding dalam rumah yang jauh dari penerangan. Trigona ini pintar, demi keamanannya tempat keluar masuknya hanya berukuran 1 cm. lalu tempat keluar masuknya dipenuhi dengan zat perekat. Bentuk dalam sarangnya, biasanya terdiri atas beberapa bagian. Beberapa bagian tersebut tersusun untuk menyimpan tepung sari dan madu. Ada juga tempat untuk bertelur dan menyimoan larva. Lalu pada bagian tengah, berbentuk karangan bola yang berisi kepompong, tempayak, dan telur.

Manfaat Madu Trigona

Walaupun trigona merupakan lebah yang kecil. Tapi, dia tetaplah lebah penghasil madu. Madu trigona memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Sudah fitrah setiap lebah yang memang memiliki manfaat untuk keberlangsungan hidup manusia. Berikut beberapa manfaat madu trigona.

1. Menurunkan Berat Badan

Madu trigona pernah diuji coba pada tikus. Hasilnya sel lemak dan adiposity dalam tubuh tikus berkurang. Dengan begitu berarti, madu tersebut bisa mencegah mempunyai efek antiobesitas. Oleh karena itu, madu ini efektif digunakan untuk menurunkan berat badan pada seseorang.

2. Mengobati Luka

Mungkin sudah banyak yang pernah dengar tentang manfaat ini. Di dalam madu trigona terdapat antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi. Jadi madu trigona efektif menyembuhkan luka, walau cara  penggunaannya belum pasti. Tapi, biasanya, cara menggunakannya dengan mengoleskannya secara tipis ke bagian lukanya.

3. Menyembuhkan Peradangan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Madu trigona ini mengandung antioksidan dan antiinflamasi. Jadi madu ini juga efektif menyembuhkan peradangan.

4. Memperkuat Imunitas Tubuh

Selain efek antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri. Ternyata madu trigona ini memiliki efek imunomodulator. Madu ini bisa memperkuat imunitas tubuh. Ketika imunitas tubuh seseorang kuat, maka ia akan terhindar dari berbagai penyakit. Cocok sekali dengan kondisi corona saat ini. Jadi madu trigona bisa dijadikan alternatif untuk dikonsumsi dalam kondisi pandemi.

Itu dia penjelasan mengenai lebah trigona. Ternyata lebah berukuran kecil ini penghasil madu dengan berbagai manfaat di dalamnya. Dalam kondisi pandemi seperti ini, madu trigona cocok untuk dikonsumsi secara rutin. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

0
Scroll to Top