fbpx

Kuda Si Hewan yang Ekpresif dan Sensitif

Kuda merupakan hewan yang dianggap gagah ini. Ternyata memiliki sisi yang ekpresif dan senstif. Berarti dia mudah mengekspresikan perasaannya. Bagaimana bisa, hewan ternak seperti itu? Selama ini jika melihat kuda. Hal yang diingat adalah dia merupakan hewan yang bisa menjadi alat transportasi dan sarana olahraga. Padahal kuda juga seringkali dipelihara, bahkan dijadikan sahabat manusia. Karakter kuda yang ekpresif ternyata menjadi alasan dia bisa dijadikan sahabat manusia. Tak hanya di film-film, kuda memang dianggap hewan yang setia. Jadi cocok dijadikan sebagai sahabat manusia. Mari kita lihat beberapa fakta menarik mengenai kuda.

image via wallpaperbetter.com

1. Berkomunikasi Lewat Suara dan Ekpresi Wajah

Kuda merupakan hewan yang hidup berkelompok. Ternyata cara mereka berkomunikasi sangat unik. Tak hanya berkomunikasi lewat suara saja, mereka juga berkomunikasi lewat ekspresi wajah. Jika diingat kuda ini bukan hewan tanpa ekspresi, tetapi kuda juga dapat tertawa, marah, sedih bahkan terlihat berhati-hati. Atau saat dia kehausan pun, terkadang mengeluarkan lidahnya. National Geographi bahkan menyebutkan, bahwa kuda memiliki 17 ekpresi. Ekpresi ini seluruhnya digunakan untuk berkomunikasi, entah itu memberitahu lokasi makanan atau ancaman seperti predator.

2. Memiliki Tahapan Interaksi dengan Manusia

Inilah alasan mengapa saat olahraga berkuda, memiliki tahap perkenalan terlebih dahulu. Walaupun kuda hanya seekor hewan. Tapi, dalam berinteraksi dengan manusia dia memiliki tahapan-tahapannya. Hal ini berfungsi untuk memudahkan kuda mengerti dan mematuhi arahan manusia. Saat melakukan olahraga berkuda tentu ada capaian kecepatan laju kuda. Jika kita mengingkan kuda itu berjalan lambat maka harus diarahkan. Begitu juga saat kita menginginkan laju kuda itu cepat. Ketika kuda itu sudah mengenal siapa majikannya atau siapa yang menungganginya, maka akan mudah diarahkan.

3. Sensitif Terhadap Sentuhan

Sebelumnya telah dijelaskan mengenai tahapan interaksi. Tahap interaksi dan sentuhan ini memiliki keterkaitan. Kuda merupakan hewan yang sensitif terhadap sentuhan. Oleh karena itu, saat menungganginya harus berhati-hati. Berikan dia sentuhan yang membuatnya nyaman. Jangan sampai membuatnya menderita atau kesakitan. Sentuhan yang lembut dan sesuai akan mengurangi resiko cedera. Terutama saat olahraga berkuda yang biasanya menggunakan track tertentu.

4. Melatih Kuda Lewat Chemistry

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa, kuda ini hewan yang sangat berperasaan. Ia mampu mengekspresikan apa yang dirasakannya lewat tindakan, suara, dan wajahnya. Jadi cara melatih seekor kuda bisa melalui chemistry. Jika seseorang mulai mengenal kuda dengan menciptakan first impression yang baik. Bisa dilanjutkan dengan membangun chemistry satu sama lain. Oleh karena itu, orang-orang yang melatih kuda, biasanya menjadikannya sebagai sahabat. Tak heran memang karena sudah saling mengenal dan percaya.

itu dia 4 fakta menarik mengenai kuda. Wah, ternyata kuda merupakan hewan ternak yang luar biasa. Tak hanya ekpresif tapi, juga sensitif dan berperasaan seperti manusia. Wajar saja kuda ini banyak dimanfaatkan untuk keperluan manusia. Tak hanya setia, tapi juga merupakan hewan yang menyenangkan. Sekian, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

0
Scroll to Top