fbpx

Mengatasi Masalah Kulit dengan Lavender Face Oil

Selama ini kita mengenal bunga lavender hanya sebagi pengusir serangga saja. Bunga berwarna ungu berukuran kecil ini. Ternyata bunganya terdiri dari serangkaian kuntum, jumlahnya 6 sampai 10 kuntum berbentuk spiral. Bunga ini memenuhi batangnya yang tipis berwarna hijau muda. Warna bunganya biru keunguan tapi, warna ungu lebih dominan. Bunga cantik ini juga ternyata memiliki daun. Daunnya berwarna hijau muda dan tua dengan dengan bagian bawah berwarna putih. Bentuknya ada yang oval dan lonjong dengan ujung yang runcing. Tekstur permukaannya halus dan tepiannya bergerigi.

Images Via lemonilo.com

Apa itu Lavender Oil?

Lavender oil merupakan minyak yang dibuat dari bunga lavender. Itulah cara memanfaatkan bunga lavender untuk wajah. Cara mengolahnya menjadi minyak pun tidak terlalu sulit. Pertama cuci bersih bunga lavender dan keringkan menggunakan lap. Setelah tidak ada sisa air yang menempel, masukkan bunga ke dalam minyak yang berada di wadah tertutup. Rendam bunga lavender dalam minyak selama 48 jam. Tapi, setiap 12 jam minyak tersebut perlu dikocok. Setelah 48 jam saring minyak dan pindahkan ke wadah yang bersih. Minyak lavender pun siap digunakan.

Manfaat Lavender Oil

Bunga lavender yang sudah diolah menjadi oil, memudahkan pemanfaatannya. Lavender oil ini bermanfaat bagi kulit tubuh, wajah, sampai rambut. Berbagai masalah kulit bisa diatasi dengan menggunakan lavender oil ini. Oleh karena itu, ketika lavender oil selesai diolah, masukkan ke wadah yang mudah digunakan.

1. Mengatasi Jerawat Pada Wajah

Masalah jerawat ini pasti sering dirasakan oleh para remaja hingga dewasa. Lavender oil bisa menjadi salah satu alternatif untuk menyembuhkannya. Bunga lavender ini memang mengandung senyawa antibakteria dan antijamur. Sehingga efektif dalam menyembuhkan masalah jerawat.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Selain masalah jerawat, masalah kulit kusam pun sering dialami. Lavender oil ini bisa meratakan warna kulit, sekaligus memudarkan bintik-bintik hitam pada wajah. Saat warna kulit sudah rata dan bintik-bintik hilang kulit akan menjadi lebih cerah. Tipsnya gunakan lavender oil ini secara rutin ya, minimal satu hari sekali setiap malam.

3. Meredakan Eksim

Masalah eksim merupakan masalah kulit yang membuat penderitanya tidak nyaman. Selain masalah kulit wajah, masalah kulit tubuh pun bisa diatasi oleh lavender oil. Lavender oil ini mampu meredakan gatal dan mengurangi gejala eksim pada kulit. Caranya tinggal aplikasikan oil ke area yang gatal secara rutin.

4. Mengatasi Masalah Rambut

Manfaat yang terakhir yaitu bagi kesehatan rambut. Seperti yang tadi telah disebutkan, bahwa bunga lavender mengandung antibakteri. Jadi lavender oil ini bisa mengatasi ketombe, rambut rontok, dan rambut kering. Gunakan lavender oil ini dengan rutin untuk membuat kulit kepala dan rambut menjadi lebih sehat.

Itulah cara mengolah beserta keempat manfaat lavender oil. Cara mengolahnya juga mudah saja. Hanya butuh ketelatenan untuk menghasilkan lavender oil berkualitas. Setelah itu, tinggal aplikasikan lavender oil sesuai kebutuhan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

0
Scroll to Top