fbpx

Mengenal Pohon Gelam Atau Penghasil Minyak Kayu Putih Yang Kaya Manfaat

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa minyak putih merupakan minyak yang dihasilkan dari pohon kayu putih atau pohon gelam. Tapi belum banyak yang tahu bagaimana sebenarnya bentuk dari pohon kayu putih tersebut. Karena biasanya kita membeli langsung minyak kayu putih di toko atau di minimarket.

Minyak kayu putih merupakan salah satu obat yang umumnya banyak dimiliki di masyarakat indonesia. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari minyak kayu putih ini, misalnya baik untuk pernafasan, bermanfaat untuk kesehatan kulit, dapat meredakan nyeri otot, meredakan mual perjalanan atau dapat menghindari gigitan serangga.

Manfaat tersebut didapatkan karena kandungan yang dimiliki oleh minyak kayu putih. Minyak kayu putih memiliki aroma yang khas dan rasa hangat ketika dioleskan kekulit. Banyak ibu-ibu yang menggunakan minyak kayu putih untuk membuat sang anak merasa hangat. Penggunaan minyak kayu putih biasanya bisa dengan dioleskan ke bagian tertentu seperti perut dan punggung, ataupun dengan cara dihirup.

Pohon minyak kayu putih atau juga disebut dengan pohon gelam merupakan tumbuhan yang sangat baik tumbuh di Indonesia bagian timur, atau juga di beberapa daerah yang memiliki musim kemarau yang tetap. Kayu putih atau gelam ini merupakan jenis tumbuhan yang termasuk pada suku jambu-jambuan, memiliki nama latin Melaleunca Leucadendra. Berikut ini penjelasan singkat mengenai bagian bagian dari pohon kayu putih.

Batang

Ketinggian Pohon minyak kayu putih bisa mencapai 10-20 meter. Dengan kulit yang berlapis-lapis. Batang pohon yang dimiliki tidak terlalu besar dengan warna putih yang sedikit keabu-abuan. Hanya sedikit percabangan yang dimiliki oleh pohon kayu putih ini.

image via researchgate.net

Daun

Bentuk daun dari kayu putih adalah lonjong dan merupakan daun tunggal dengan tangkai pendek. Lebarnya mencapai 0,75 sampai 4 cm, sedangkan panjangnya 4,5-25 cm. pangkal daun kayu putih sedikit runcing, selain itu daun kayu putih juga memiliki sedikit bulu di permukaan daun. Warna dari daun kayu putih adalah hijau muda. Nah di daun ini lah minyak kayu putih dihasilkan.

image via intisari.grid.id

Bunga

Kayu putih memiliki bunga seperti lonceng dengan warna putih. Tetapi pada kepala putih nya memiliki warna kuning.

image via bobo.grid.id

Buah

Pohon kayu putih juga memiliki buah, buah ini lah yang dikenal dengan nama gelam. Bentuknya kecil dan terdapat lubang di tengahnya. Dalam satu tangkai bisa terdapat 20-30 buah.

image via tehdanubi.blogspot.com

Nah itu dia bagian-bagian dari pohon kayu putih. Selama ini kita hanya mengetahui minyak kayu putihnya saja, karena pohon kayu putih hanya terdapat dibeberapa daerah saja. Semoga tulisan ini membantu mengenal pohon kayu putih.

Leave a Reply

0
Scroll to Top