fbpx

Ini Dia Tanaman Herbal Untuk Pengobatan Tradisional yang Jarang Diketahui

Sudah kita ketahui, orang tua jaman dahulu menggunakan tanaman herbal yang ada di alam sebagai obat tradisional. Bukan hanya karena obat-obatan kimia yang masih sulit didapatkan, akan tetapi orang tua jaman dahulu menganggap tanaman herbal mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Dari penyakit luar seperti luka, sampai penyakit penyakit dalam. Setiap tanaman herbal memiliki fungsinya masing-masing. Selain itu, penggunaan tanaman herbal untuk pengobatan juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Dari berbagai jenis tanaman herbal yang telah dikenal di Indonesia, ada beberapa tanaman yang sudah sangat sering digunakan dan manfaatnya tidak diragukan lagi. Namun, berikut ini ada beberapa tanaman herbal yang keberadaanya masih dikesampingkan atau masih jarang diketahui banyak orang.

1. Mengkudu

images via Alodokter.com

Mengkudu merupakan buah yang memiliki bentuk lonjong dengan bintik-bintik  dikulitnya. Karena memiliki aroma yang cukup bau, buah ini dikesampingkan keberadaanya. Ternyata sangat banyak manfaat dan khasiat yang dimiliki oleh buah mengkudu ini untuk pengobatan. Misalnya dapat meredakan sakit kepala, sebagai anti inflamasi, menurunkan tekanan darah tinggi, dan dapat mengobati asam urat.

2. Daun kumis kucing

Images Via Orami.co.id

Sama seperti Namanya, daun kumis kucing memiliki bunga warna putih mirip dengan kumis kucing. Pemanfaatan tanaman herbal ini sudah dilakukan sejak dahulu kala, biasanya cara mengonsumsinya dengan menjadikannnya teh. Manfaat yang dimilikinya seperti dapat mencegah darah tinggi, sebagai obat rematik dan juga dapat meringankan batuk. Tanaman ini biasanya ditemukan di kebun dekat rumah.

3. Daun keji beling

images via hallosehat.com

Meskipun sudah lama dijadikan sebagai obat tradisional, akan tetapi semakin kesini cukup sedikit orang yang mengetahui bahwa daun ini merupakan tananam obat. Daun keji beling biasanya digunakan untuk pengobatan batu ginjal, obat pencahar, dan obat diuretik alami. Selain itu juga dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

4. Patikan kebo

image via hallosehat.com

Pernah mendengar nama ini?. tanaman ini sering diangggap gulma karena keberadaanya kadang mengganggu petani di kebun. Akan tetapi patikan kebo merupakan salah satu tanaman herbal yang bermanfaat untuk pengobatan tradisional. Biasanya patikan kebo digunakan untuk mengobati penyakit asma, bronchitis dan juga sesak pada dada.

5. Daun sirih cina atau ketumpang air

images via channel-e.co.id

Sama seperti patikan kebo, daun sirih china juga sering dianggap sebagai gulma yang mengganggu. Keberadaanya sangat mudah sekali untuk dijumpai, bahkan sering berada di pinggir rumah. beberapa khasiat dari daun sirih cina antara lain dapat mengobati sakit kepala, obat rematik, asam urat, mengobati bisul dan juga luka bakar. Beberapa ta

naman tumbuhan herbal diatas seringkali masih dianggap sebagai tanaman yang kurang bermanfaat. Padahal manfaat dan khasiatnya sangat banyak. Semoga tulisan ini dapat menjadi pengetahun mengenai tanaman obat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top