Serupa tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Beras dan Ketan

Memiliki bentuk yang sama, ternyata beras dan ketan adalah dua bahan yang berbeda. Beras merupakan makanan popkok yang biasanya dibuat menjadi nasi. Sedangkan ketan biasanya dibuat menjadi beberapa makanan seperti lemper atau makanan manis lain. perbedaan tersebut dikarena beberapa hal yang merupakan karakteristik yang membedakan satu sama lain. lihat apa saja perbedaan beras dan ketan di bawah ini.

Warna

Perbedaan pertama yang dapat dilihat dari beras dan ketan ialah warna.  Meskipun agak sulit untuk membedakan beras putih dan ketan putih, kedua jenis tersebut tetap memiliki perbedaan. beras memiliki warna putih transparan sedangkan ketan memiliki warna putih susu. Warna putih yang ada pada ketan bisa disamakan dengan putih pada susu. Sedangkan beras cenderung berwarna putih bening transparan. Jika dibandingkan dengan dekat, akan terlihat jelas perbedaan warnanya.

image via harga.web.id

Tekstur setelah di masak

Ketika beras dimasak menjadi nasi, tekstur yang dihasilkan bisa beragam tergantung jenis berasnya. Nasi biasanya memiliki tekstur pulen dan empuk ketika sudah dimasak. Sedangkan ketan, ketika sudah dimasak akan mengeluarkan semacan lendir yang lengket. Sehingga ketika sudah dimasak ketan cenderung menyatu satu sama lain. hal ini lah yang paling membedakan antara beras dan ketan.

image via cloudproductivity.net

Tinggi pohon dan pemanenan

Meskipun memiliki bentuk pohon yang sama, tetapi ketan memiliki tinggi pohon yang lebih dibandingkan beras. Pohon keta nada yang mencapai ukuran 1 meter. Selain itu, tinggi pohon juga mempengaruhi masa pemanenan. Padi memiliki pohon yang lebih rendah dari ketan, sehingga pemanenannya cenderungg lebih cepat. Padi bisa di panen pada waktu 3 bulan, sedangkan ketan biasanya di panen setelah 4 bulan.

Cara pengolahan

Cara pengolahan beras dan ketan juga cukup berbeda. Beras memiliki rasa yang netral setelah dimasak, jadi digunakan sebagai makanan utama dengan didampingi lauk yang gurih atau pedas. Biasanya beras dijadikan nasi, atau juga bisa dijadikan ketupat dan lontong.  Sedangkan ketan memiliki kadar gula yang lebih dibandingkan dengan beras, pengolahannya biasa dijadikan untuk makanan manis. Makanan yang biasanya menggunakan ketas sebagai bahan utama yaitu lemper. Ketan juga biasa dijadikan tepung untuk membuat kue-kue tradisional.

Perbedaan tersebut tentunya menjadikan beras dan ketan memiliki porsi tersendiri bagi para penikmatnya. Beras sering dijadikan makanan utama penghasil karbohidrat, dan ketan biasa dijadikan makanan manis. Sampai disini jangan bingung membedakan ketan dan beras ya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top