fbpx

5 Karakter Unggul Sapi Nelore yang Wajib Anda Tahu!

Swasembada daging menjadi pekerjaan rumah yang terus diupayakan oleh Indonesia dan melibatkan banyak pihak. Tak terkecuali, salah satu perusahaan swasta peternakan terbesar di Indonesia yang juga turut serta dalam mengupayakan terwujudnya tujuan ini, yaitu dengan mengembangkan Sapi Nelore. Seperti apakah karakter sapi ini sehingga menarik minat perusahaan ini untuk mengembangkannya?

sapi nelore
Sumber : Nelore Cattle dari canva.com

Yuk, simak fakta-fakta menariknya berikut ini!

Sejarah Sapi Nelore

Sapi Nelore merupakan spesies dari sapi Ongole (Bos Indicus) yang berasal dari Brasil. Pasangan sapi Ongole dari India tiba pertama kali di Brazil tepatnya di Salvador, Bahia pada tahun 1868.

Sepuluh tahun kemudian seorang peternak asal Rio de Janeiro  bernama Manoel Ubelhart Lemgruber membeli lagi dari kebun binatang Hamburg di Jerman. Selepas itu secara perlahan namun pasti, ras sapi ini dapat berkembang biak dan beradaptasi dengan baik.

Nama Nelore sendiri merupakan nama sebuah distrik di negara bagian Andra Pradesh India, dan orang-orang Brasil menggunakan istilah ini sebagai sebutan bagi mereka.

Hingga saat ini, mayoritas sapi potong di Brasil adalah sapi Nelore dengan populasi mencapai 80%. Brasil juga merupakan negara yang telah melakukan ekspor ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Argentina, Paraguay, Meksiko, dan negara-negara lainnya.

Karakter dari jenis sapi ini menjadi daya tarik utama untuk mengembangkannya di berbagai wilayah terutama negara-negara yang beriklim tropis.

Baca juga : Sapi Highland, Sapi Menggemaskan yang Cocok Jadi Hewan Peliharaan!

Karakter Sapi Nelore

Karakter fisik yang paling khas dari sapi asal Brasil ini adalah punuk yang menonjol. Namun, tentu saja ada banyak karakter lainnya sehingga menjadi breed yang dikembangkan oleh berbagai negara.

sapi nelore
Sumber : Nelore Cattle dari canva.com

Berikut 5 karakter unggul yang dimilikinya:

1. Tahan banting

Keunggulan utamanya adalah sifat tahan banting yang dimiliki. Sapi asal Brasil mampu berkembang dengan baik tanpa campur tangan manusia.

Kemampuannya untuk bertahan dan beradaptasi dengan baik dengan kondisi iklim tropis menjadi karakter unggul dari sapi Nelore. Selain itu, sapi ini juga memiliki kemampuan fisik yang menonjol jika dibandingkan dengan sapi ras lainnya.

2. Tahan panas dan serangga

Sapi ini memiliki kulit dengan kelenjar keringat dua kali lebih besar dan 30% lebih banyak dari sapi-sapi ras lainnya. Kulit sapi Nelore juga tertutupi oleh bulu putih seperti mantel yang mampu menyaring dan memantulkan sinar matahari. Metabolisme tubuh yang rendah juga berpengaruh terhadap ketahanan panas.

Tak hanya itu, secara alami sapi ini tahan terhadap berbagai jenis serangga termasuk serangga penghisap darah. Hal ini karena kondisi kulitnya yang padat sehingga sulit untuk ditembus oleh serangga.

3. Efisien pakan

Sapi Nelore juga efisien mengubah pakan hijauan berkualitas rendah menjadi karkas atau daging berkualitas baik. Selain itu, sapi ini juga mampu bertahan hidup lama dengan air minum yang minim.

4. Daging yang berkualitas

Kualitas daging dari sapi jenis ini tak perlu diragukan. Marbling yang cukup dan cita rasa yang nikmat menjadi nilai tambah dari daging yang dihasilkan dari sapi Nelore.

5. Reproduksi dan naluri keibuan yang baik

Sapi Nelore memiliki tubuh yang panjang, kerangka tubuh yang besar, dan panggul yang lebar sehingga memudahkannya dalam proses melahirkan. Selain itu, naluri keibuannya pun sangat baik dan susu yang dihasilkannya pun lebih dari cukup untuk anak-anaknya.

Baca juga : Sapi Jersey, Penghasil Susu Creamy Bernutrisi!

Demikianlah uraian mengenai sejarah dan karakteristik sapi Nelore. Dilihat dari keunggulannya, maka tak heran jika perusahaan swasta ini tertarik untuk mengembangkannya di Indonesia.

Sumber:

Breeds of Livestock, Department of Animal Science – Nelore Cattle
The Cattle Site “Cattle Breeds – Nelore”

Leave a Reply

0
Scroll to Top