fbpx

Brokoli, Si Hijau Yang Memiliki Banyak Kandungan Gizi

Apa bedanya sih antara kembang kol dan brokoli?. Yang paling membedakan tentu saja dari warnanya. Kembang kol memiliki warna putih, sedangkan brokoli berwarna hijau. Brokoli dan kembang kol merupakan spesies yang sama, berikut juga dengan sayuran kubis. Nama ilmiah dari sayuran brokoli adalah Brassica oleracea L.

images via selerasa.com

Brokoli terdiri dari bunga yang tersusun rapat yang berwarna hijau dengan batang yang tebal. Sayuran ini berasal dari laut tengah dan sudah ada di Indonesia sekitar tahun 70-an. Brokoli menjadi salah satu jenis yang sering dijuluki sebagai “sayuran super”. Tentu saja karena kandungan gizi dan nutrisinya yangat banyak dan bermanfaat bagi tubuh.

Apa saja kandungan dari brokoli, simak dibawah ini.

1. Serat

Kandungan pertama yang dimiliki oleh brokoli adalah serat. Serat merupakan kandungan yang khas pada tumbuhan. Fungsi serat untuk tubuh sangat penting sekali, seperti untuk meningkatkan kesehatan usus, membantu mengendalikan berat badan dan dapat mencegah berbagai penyakit.

2. Karbohidrat

Selain serat, Kandungan utama dari brokoli adalah karbohidrat. Beberapa gula yang terdapat dalam brokoli diantaranya yaitu glukosa, fruktosa, sukrosa, dan sedikit laktosa.

3. Vitamin

Vitamin merupakan kandungan yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Brokoli mengandung beberapa macam vitamin seperti vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan imun dan untuk kesehatan kulit. Vitamin K1 dapat membantu proses pembekuan darah. Vitamin B9 yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

4. Mineral

Beberapa kandungan mineral yang dikandung brokoli seperti Kalium, mangan dan zat besi. Kandungan tersebut memiliki fungsinya masing masning, seperti kalium yang dapat mengontrol tekanan darah .

5. Senyawa tumbuhan

Brokoli banyak mengandung senyawa tumbuhan seperti Sulforaphane, kaempferol, Karotenoid, indole-3-carbinol dan Quercetin. Senyawa-senyawa tersebut tentu saja sangat baik untuk tubuh.

Brokoli dapat dilah menjadi beberapa jenis masakan. Cara mengolahnya bisa dikukus, direbus ataupun dijadikan sebagai lalapan. Bahkan banyak juga yang menjadikan brokoli sebagai jus, dengan dicampur dengan beberapa sayuran lain.

Brokoli dapat ditanam di daerah dataran tinggi, dan agak sulit untuk hidup di dataran rendah. Sudah banyak juga yang menanam brokoli di halaman rumah seperti di pot atau polybag.

Leave a Reply

0
Scroll to Top