6 Jenis Kelinci Peliharaan Yang Lucu

Kelinci menjadi salah satu hewan peliharaan yang sangat menggemaskan. Mulai dari bulu dan tingkah lucu kelinci membuat banyak orang-orang ingin memeliharanya. Kelinci masuk Pada hewan Mamalia dari famili Leporidae. Selain menjadi hewan ternak hias, kelinci kerap juga dijadikan sebagai bahan makanan.

Ada banyak sekali jenis kelinci. Setiap jenis tersebut memiliki ciri dan karakternya masing-masing. Berikut ini beberapa jenis kelinci.

1. Anggora

images via ilmuternak.com

Jenis kelinci ini sudah sangat familiar sekali diketahui. Banyak juga yang memelihara kelinci Anggora untuk ternak Hias. Nah kelinci anggora ternyata berasal dari Ankara, Turki. Kelinci anggora banyak disukai karena memiliki bulu yang Panjang dan lebat. Setiap bulannya bulu yang tumbuh bisa mencapai 2cm. kelinci anggora memiliki berat sekitar 2-4 kg.

2. Flemish Giant

images via duniakelinci.com

Kelinci jenis ini terkenal akan tubuhnya yang besar dan berat. Bobotnya bisa mencapai 8-13 kg. kelinci Flemish giant ini juga memiliki kaki yang besar, dan Panjang tubuhnya bisa mencapai 51 cm. Asal dari kelinci ini yaitu di negara Argentina. karena memiliki bobot yang besar, daging yang dimiliki oleh kelinci Flemish giant ini juga banyak.maka dari itu kelinci ini sering dijadikan kelinci pedaging.

3. Kelinci Lop

images via dictio.id

Kelinci lop berasal dari negara belanda. Jenis kelinci ini biasanya dijadikan sebagai kelinci hias. Ada beberapa jenis lain dari kelinci ini seperti, English lop, dwarf lop, Holland lop, French lop dll. Telinganya yang menggantung sampai pipi menjadi ciri khas dari kelinci ini. selain itu ciri lainnya yaitu memiliki hidung yang pesek. Kelinci lop memiliki Panjang 12-23 cm.

4. Himalayan

images via dictio.id

Selain disebut dengan kelinci Himalayan, jenis kelinci ini juga sering disebut dengan kelinci Cina atau kelinci Rusia. Jenis ini memiliki warna dominan putih. Terdapat bulu warna hitam disekitar hidung atau telinganya. Kelinci Himalayan memiliki berat sekitar 2,5-4,5 kg.

5. Kelinci Ducth

images via petpintar.com

Kelinci ducth memiliki tubuh yang mungil. Pecinta kelinci banyak yang memiliki kelinci jenis ini karena kelucuannya. Warna bulu yang dimiliki cukup bervariasi seperti coklat, abu-abu atau hitam-putih. Karena merupakan kelinci yang kecil, berat yang dimilikinya hanya sekitar 1,5-2 kg saja.

Itu dia beberapa jenis kelinci. Kelinci-kelinci diatas memiliki karakter dan bentuk yang lucu ya. Cocok sekali untuk menjadi hewan peliharaan di rumah, atau beberapa jenis untuk di konsumsi juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top