fbpx

Keuntungan Memulai Bisnis Ternak Ayam Joper atau Jawa Super

Ternak ayam jadi pilihan bisnis menarik yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Ada banyak variasi jenis ayam yang bisa Anda budidayakan. Salah satu rekomendasinya adalah bisnis ternak ayam joper atau yang biasa disebut sebagai ayam jawa super.

ternak ayam joper

Ayam joper merupakan hasil persilangan antara seekor ayam kampung jantan dengan betina petelur. Hasilnya, muncul ayam yang mempunyai karakteristik tak jauh berbeda dengan ayam kampung dan mempunyai kemampuan berkembang biak yang cepat.

Karakteristik ayam joper memang mempunyai kemiripan dengan ayam kampung. Meski begitu, ada beberapa hal yang membuat bisnis ternak ayam joper lebih menguntungkan dibandingkan budidaya ayam kampung, yaitu:

ternak ayam joper

1. Masa Panen

Kelebihan ayam joper yang pertama adalah masa panen. Joper terkenal sebagai ayam yang mampu tumbuh dengan cepat. Ayam ini bisa mencapai bobot 1 kg dan bahkan lebih hanya dalam jangka 60 hari. Hal ini cukup kontras dengan ayam kampung yang biasanya butuh masa panen sekitar 5 sampai 6 bulan.

2. Daya Tahan Tubuh

Pelaku usaha ternak ayam joper dapat pula merasakan manfaat dari segi ketahanan terhadap penyakit. Ayam jawa super punya tingkat ketahanan yang lebih tinggi dari serangan penyakit. Ini bisa Anda dapatkan karena ayam joper mempunyai tingkat pertumbuhan yang cepat. Jadi, risiko sakit relatif lebih kecil.

3. Biaya Pakan

Anda dapat pula menghemat pengeluaran untuk pembelian pakan saat menjalankan usaha ternak ayam joper. Ayam ini memerlukan pakan sekitar 2,4 kg untuk 1 kg bobot hidup. Bandingkan dengan kebutuhan pakan ayam kampung yang mencapai 3,4 kg per 1 kg berat hidup.

4. Harga Jual

Dari segi harga jual, daging ayam joper mempunyai tingkat permintaan tidak kalah tinggi dibandingkan ayam kampung. Ditambah lagi, ayam joper mempunyai harga yang kompetitif dengan mempertimbangkan ukuran bibit ayam.

5. Ukuran kandang

Terakhir, Anda tidak perlu khawatir dengan ukuran kandang saat beternak ayam joper. Untuk usia 7-12 hari, Anda bisa menempatkan 60 ekor anak ayam pada kandang ukuran 2,5 meter persegi. Ayam-ayam tersebut bisa Anda pindahkan ke tempat yang lebih besar, sekitar 3 meter persegi ketika mencapai usia 13-30 hari. Kalau sudah mencapai usia satu bulan sampai panen, penempatannya bisa Anda lakukan pada kandang berukuran 5 meter persegi.

Nah, itulah 5 keuntungan yang membuat peluang bisnis budidaya ayam joper lebih menguntungkan dibandingkan ayam kampung. Semoga bermanfaat, ya.

(Baihaki/Dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top