fbpx

Jenis-Jenis Sapi Perah, Penghasil Susu Segar. Apa Saja?

Ada banyak sekali macam-macam susu, tetapi yang paling populer adalah susu sapi. Kita dapat menjumpai susu sapi hampir di seluruh tempat. Biasanya susu sapi yang biasa kita konsumsi atau beli sudah melalui pengolahan seperti susu UHT. susu tentunya memiliki banyak sekali manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa manfaat susu diantaranya yaitu menyehatkan jantung, membantu pertumbuhan tulang, membantu pembentukan massa otot, mencegah gigi berlubang, dan banyak manfaat lainnya. Sapi penghasil susu berbeda dengan sapi biasa. Sapi penghasil susu dinamakan sapi perah, jenis-jenis sapi perah juga bermacam macam.

 Ini dia lima jenis sapi perah penghasil susu terbaik dunia.

1. Friesian Holstein

image via Ekor9.com

Jenis sapi Friesian Holstein(FH) adalah jenis sapi perah yang sangat populer. Sapi ini berasal dari belanda, dan sudah menyebar ke berbagai negara. Sapi FH memiliki warna kulit hitam-putih. Dalam sehari sapi FH ini bisa menghasilkan sampai dengan 20 liter di negara asalnya.

2. Sahiwal cross

image via FarmbrizaAfrica.com

Sapi Sahiwal cross merupakan sapi yang cocok untuk daerah yang beriklim tropis, seperti di Indonesia. Sapi ini merupakan hasil persilangan dari sapi FH dan Friesian Holstein. Warna sapi ini yaitu kelabu atau kecoklatan. Badannya besar padat berdaging, dengan kaki yang pendek. Sapi Sahiwal cross memiliki kepala yang besar dengan tanduk yang kecil. Sapi Sahiwal cross dapat menghasilkan 2000-5000 liter pertahunnya.

3. Jersey

image via duniasapi.com

Sapi jersey berasal dari daratan Britania. Warnanya hitam dengan corak putih atau coklat muda dan hitam.habitatnya yang cocok adalah dataran tinggi subtropics. Warna air susunya sediikit berbeda, yaitu berwarna kuning kecoklatan. Hal ini disebabkan adanya kandungan beta karoten yang tinggi.

4. Brown Swiss

image via sapiperah

Seperti Namanya, sapi ini berasal dari dataran tinggi Swiss. Juga memiliki warna kulit yang coklat. Selain susunya, daging nya juga sering dimanfaatkan. Susu yang dihasilkan oleh sapi brown swiss ini sekitar 500-600 liter pertahunnya.

5. Ayarshire

image via Gerava.com

Sapi ayarshire dapat bertahan hidup di Kawasan yang dingin dan lembab. Produksi susunya mencapai 4000 liter pertahun. Memiliki tubuh yang besar, punggung lurus dan berekor Panjang. Warna kulitnya kecoklatan, kombinasi merah-putih, dan putih. Namanya diambil dari nama daerah penghasilnya yaitu “Ayr” di Skotlandia.

Jenis sapi-sapi tersebut kebanyakan ditemukan di luar negeri. Ada juga beberapa jenis sapi yang berasal di indonesia. Tunggu tulisan -tulisan selanjutnya ya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top