fbpx

Berkenalan Dengan Sayur Pagoda, Bagaimanasih Bentuknya?

Pernah mendengar sayuran dengan nama Pagoda?. Pagoda yang dimaksud bukanlah bagungan suci pemeluk agama Budha yang banyak ditemukan di negara Thailand ya. Mungkin untuk beberapa orang sayuran yang satu ini masih terdengar asing ditelinga. Tapi sayuran ini sudah banyak juga loh dikenal bahkan dikonsumsi oleh masyarakat. Nama lain dari pagoda adalah takecai.

Sayuran pagoda ternyata masih menjadi salah satu jenis dari sawi. Pagoda memiliki daun yang bertumpuk rapih sehingga membentuk bulatan. Sayuran yang satu ini terlihat cukup unik, karena bentuknya. Banyak orang yang tertarik karena bentuknya yang menarik ini.

images via kampustani.com

Cara pengolahan

Cara pengolahannya juga tidak sulit. Banyak orang mengatakan bahwa sayuran pagoda enak sekali untuk ditumis. Selain itu dapat juga di buat sebagai sup, atau bahkan dimakan mentah sebagai lalapan. Pagoda bahkan memiliki tekstur yang renyah setelah dimasak.

Kandungan

Tidak hanya memiliki bentuk yang unik dan menarik untuk dilihat. Pagoda memiliki kandungan gizi yang banyak sekali. Beberapa kandungan penting untuk tubuh diantaranya yaitu Vitamin A,B, E,K, asam folat, asam glukosinolat. Ada beberapa senyawa yang dimilikinya juga seperti kalium, iodium, alkaloid dan juga Zat samak.

Manfaat untuk tubuh

Pagoda memiliki banyak manfaat untuk tubuh, diantaranya yaitu:

  1. Menyembuhkan gondok. Kandungan iodium dalam pagoda bisa bekerja dengan baik pada zat gondok. Sehingga bisa membantu sistem penyembuhan penyakit gondok.
  2. Pendingin luka. Di dalam akar pagoda terdapat kandungan pendingin, sehingga dapan memberikan sensasi dingin. Hal itu dapat dimanfaatkan sebagai anti radang.
  3. Insomnia. Selain untuk pendingin luka, akar pagoda juga bisa memeberikan kerileksan. Sehingga orang yang memakannya akan merasakan gampang mengantuk.
  4. Alternatif pengobatan TBC. Kandungan dalam sayuran pagoda dapat menetralkan anti radang yang tidak baik bagi paru paru..
  5. Hemoroid. Penyakit wasir dapat disembuhkan dengan mengonsumsi akar pagoda.
  6. Anemia. Bunga pagoda dalam menambah sel darah merah agar terhindar dari penyakit anemia.

Itu dia kandungan, manfaat dan juga cara mengolah sayuran pagoda. Banyak bukan kandungan dan manfaat yang dimiliki sayuran pagoda. Selain itu cara mengolahnya juga sangat mudah sekali untuk dilakukan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top