fbpx

Bagaimana Merawat Kaktus Mini? Lihat Tips-Tips Berikut Ini!.

Kaktus dikenal dengan tumbuhan yang bisa bertahan di lahan yang kering, atau tidak membutuhkan banyak air. Ciri khas lainnya dari kaktus yaitu memiliki duri. Kaktus masuk kepada keluarga Mamillaria, Gymnocalycium. Tanaman kaktus banyak tumbuh dilahan kering seperti di Meksiko dan Amerika Serikat.

image via Fabelio.com

Akhir-akhir ini tanaman hias kaktus cukup banyak diminati oleh orang-orang. Apalagi kaktus yang memiliki ukuran yang kecil, atau yang sering disebut dengan kaktus mini. Kaktus mini memiliki banyak sekali jenis dan bentuk yang unik. Setiap jenis itu memiliki karakteristiknya masing-masing. selain itu kaktus juga memiliki bunga yang cantik. kaktus menjadi tampak estetik di rumah Minimalis.

Meskipun menanam kaktus sering dianggap gampang. Tetapi perlu diperhatikan beberapa hal ketika menanam kaktus. Agar tanaman kaktus tidak busuk dan mati. Berikut ini tips-tips ketika menanam kaktus mini di rumah.

1. Pemilihan Media tanam

Media tanama menjadi hal yang penting ketika menanam tumbuhan apapun. Tak terkecuali dengan kaktus. Kaktus membutuhkan media tanam kering dan tidak menahan air. Penggunaan arang sekam, tanah pasir dan pupuk kompos cocok untuk kaktus.

Dibagian bawah pot  bisa juga digunakan tanah berbatu agar air tidak menggenang.

2. Penggunaan pot

image via Telisik.id

Penggunaan pot merupakan hal terpenting, karena nantinya pot ini lah yang akan mewadahi media tanam. Banyak jenis pot yang bisa digunakan untuk menanan kaktus mini misalnya mug, gelas plastik, atau pot tanah liat dengan bentuk-bentuk yang unik. Pastikan pot tersebut memiliki lubang di bagian bawahnya.

3. Cahaya matahari

Kaktus mini memang bisa ditanam di dalam ruangan, akan tetapi kaktus juga memerlukan cahaya matahari untuk berfotosintesis. Maka pastikan kaktus dapat menyerap cahaya matahari minimal 4 jam sehari.

4. Penyiraman

Inilah hal yang tidak boleh disepelekan. Kaktus memang dapat tahan lama di tempat  yang kering, namun Bukan  berarti kaktus tidak membutuhkan air. Penyiraman kaktus harus dilakukan secara berkala. Waktu ideal menyiram kaktus adalah dua minggu sekali. Karena jika terlalu sering disiram kaktus akan membusuk.

5. Mengusir hama

Ada beberapa hama yang dapat menyerang kaktus seperti kutu putih, sisik, tungau laba-laba, dan jamur. Hama-hama itu harus dibersihkan agar kaktus dapat tumbuh dengan sehat. Hama yang menyerang pada kaktus mini dapat dihilangkan dengan  menggunakan cotton buds basah.

Apakah hal-hal tadi sudah anda lakukan ketika menanam kaktus mini?. Jika belum mari lakukan, agar kaktus mini yang cantik tumbuh dengan baik.

Leave a Reply

0
Scroll to Top