fbpx

Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warna!

Sebagai upaya dalam menjaga kesehatan, kita harus rutin mengonsumsi sayur dan buah. Kedua bahan makanan ini termasuk dalam konsep makanan 4 sehat 5 sempurna. Namun, tahukah Anda bahwa perbedaan warna pada buah dan sayur menunjukkan perbedaan kandungan dan manfaatnya bagi tubuh?  Penasaran dengan jawabannya? Yuk, simak  uraian manfaat buah dan sayur berdasarkan warna berikut ini yah!

Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warna
Sumber : Fruits and Vegetables dari canva.com

Buah dan Sayur Warna Merah

Pada buah dan sayur yang berwarna merah mengandung likopen (lycopene) yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kanker. Selain itu, buah dan sayur dengan warna merah dapat melindungi jantung dengan mencegah terjadinya pembekuan darah.

Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warna
Sumber : Fruits and Vegetables dari canva.com

Contoh buah dan sayur berwarna merah adalah tomat, stroberi, semangka, ceri, apel merah, dan paprika merah.

Buah dan Sayur Warna Hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung asam folat yang sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko bayi mengalami cacat lahir.

Nutrisi penting yang ditemukan dalam sayuran hijau dan buah-buahan lainnya adalah penghambat kanker seperti sulforaphane, isocyanate, dan indoles, yang menghambat aksi karsinogen (senyawa penyebab kanker).

Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warna
Sumber : Fruits and Vegetables dari canva.com

Selain itu juga berfungsi membersihkan racun dalam tubuh,  mengatur pencernaan, dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Contoh buah dan sayuran berwarna hijau antara lain brokoli, bayam, kubis, selada, apel hijau, kiwi, anggur hijau, dan alpukat.

Baca juga : 3 Fakta Menarik Sayuran Kale “Si Superfood”

Buah dan Sayur Warna Kuning dan Oranye

Buah dan sayuran berwarna kuning dan oranye dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan kesehatan mata.

Hal ini karena buah dan sayuran berwarna kuning dan oranye kaya akan vitamin C dan karotenoid, termasuk beta-karoten. Beberapa karotenoid, terutama beta-karoten, diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, yang membantu meningkatkan penglihatan dan pertumbuhan sel yang sehat.

Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warna
Sumber : Fruits and Vegetables dari canva.com

Contoh buah dan sayuran berwarna kuning dan oranye adalah wortel, labu kuning, jagung manis, ubi jalar, paprika kuning, apel kuning, jeruk, mangga, pepaya, dan nanas.

Buah dan Sayur Warna Biru dan Ungu

Buah dan sayuran berwarna biru dan ungu memiliki antioksidan kuat yang disebut anthocyanin. Antioksidan ini dapat menunda penuaan sel dan melindungi jantung dengan mencegah pembentukan gumpalan darah.

Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warna
Sumber : Fruits and Vegetables dari canva.com

Contoh buah dan sayuran berwarna biru dan ungu adalah : terong, kubis ungu, blackberry, blueberry, anggur ungu, dan plum.

Buah dan Sayur Warna Putih

Buah dan sayuran berwarna putih mengandung nutrisi yang dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta menurunkan tekanan darah tinggi. Mereka juga memiliki efek meningkatkan kekebalan tubuh yang besar pada tubuh.

Nutrisi yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran putih seperti sulforaphane meminimalkan risiko kanker.

Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warna
Sumber : Fruits and Vegetables dari canva.com

Keluarga bawang mengandung allicin, yang memiliki sifat anti-tumor. Makanan lain dalam kelompok ini mengandung antioksidan flavonoid seperti quercetin dan kaempferol.

Contoh buah dan sayuran yang berwarna putih adalah bawang, jamur, kembang kol, lobak, pisang, dan pir.

Baca juga : Cara Menanam Bawang Putih yang Efektif dan Anti Gagal

Demikianlah ulasan mengenai manfaat buah dan sayur berdasarkan warna. Jangan lupa untuk selalu konsumsi buah dan sayuran agar tubuh selalu sehat!

Sumber:

Harvard Health Publishing “Phytonutrients: Paint your plate with the colors of the rainbow”
Food Revolution Network “Eating The Rainbow: Why Eating a Variety of Fruits and Vegetables Is Important for Optimal Health”
Winneshiek Medical Center “The Importance of a Colorful Diet”

Leave a Reply

0
Scroll to Top